Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB bagi lulusan SNMPTN 2017

Status Kelulusan SNMPTN 2017 di ITB dapat diperoleh di tautan ini 

Informasi pelaksanaan dan penempatan ruang tes psikologi tanggal 17 Mei 2017 dapat diperoleh di tautan ini.

ITB tidak mensyaratkan pemeriksaan kesehatan terkait Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017. Pemeriksaan kesehatan lengkap akan dilaksanakan setelah peserta terdaftar resmi sebagai mahasiswa ITB.

Penyelenggaraan seluruh kegiatan belajar TPB 2017 dilakukan di Kampus ITB Ganesa, terkecuali bagi mahasiswa yang diterima di ITB kelas Cirebon yang dilaksanakan di Kampus ITB Jatinangor.

Informasi Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB

Kegiatan pendaftaran awal bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2017 dengan ITB sebagai Perguruan Tinggi Negeri tujuan, akan dilaksanakan pada :

 Hari/Tanggal :  Selasa, 16 Mei 2017
 Waktu :  08.30 WIB – Selesai
   (pintu gerbang akan ditutup tepat pukul 09.30 WIB)
 Tempat :  Stadion Tennis Meja dan Graha Satria Jabar
   Kampus ITB Jatinangor
   Jl. Let. Jen. Purn. Dr. (HC). Mashudi No. 1, Sumedang, Jawa Barat
   (wajib menunjukkan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2017 saat memasuki gerbang)

 

Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB harus dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa yang bersangkutan dan tidak dapat diwakilkan. ITB tidak memberikan toleransi atas semua bentuk keterlambatan dan/atau ketidakhadiran dengan alasan apa pun. Calon mahasiswa yang tidak mendaftarkan diri pada saat yang telah ditentukan, dianggap mengundurkan diri dari daftar mahasiswa baru SNMPTN 2017 dan kelulusannya tidak dapat diklaim ulang untuk alasan apa pun.

Calon mahasiswa yang akan melaksanakan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB berkumpul di Stadion Tennis Meja ITB Kampus Jatinangor. Rute untuk menuju Kampus ITB Jatinangor dapat diperoleh di laman http://jatinangor.itb.ac.id/moda-transportasi/

Sebelum melaksanakan pendaftaran awal, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus di SNMPTN 2017 diwajibkan melaksanakan pengisian data calon mahasiswa di laman resmi ITB (http://pmb.akademik.itb.ac.id)  pada tanggal 2 – 10 Mei 2017. Pendaftaran Awal ini merupakan bagian dari kegiatan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB, dengan jadwal lengkap sebagai berikut :

 

Waktu Kegiatan Keterangan
26 April 2017 Pengumuman Hasil dan Kelulusan SNMPTN 2017 Dilaksanakan di laman http://www.snmptn.ac.id/ dan http://snmptn.itb.ac.id/
2 – 10 Mei 2017 Pengisian Data Calon Mahasiswa Baru ITB 2017 (termasuk data ekonomi bagi calon mahasiswa yang mengajukan bantuan biaya pendidikan atau beasiswa Bidikmisi) Dilaksanakan di laman http://pmb.akademik.itb.ac.id
Unduh Kit Kelengkapan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017 Dilaksanakan di laman http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip
16 Mei 2017 Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017 dan Verifikasi Portofolio bagi calon mahasiswa FSRD Dilaksanakan sendiri oleh calon mahasiswa, tidak dapat diwakilkan
17 Mei 2017 (07.00 WIB – selesai) Psikotes bagi calon mahasiswa yang telah melaksanakan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017 Dilaksanakan di Kampus ITB Jatinangor, wajib diikuti oleh calon mahasiswa lulusan SNMPTN 2017
1 – 4 Agustus 2017 Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2017 dan Pelunasan Biaya Pendidikan Dilaksanakan sendiri oleh calon mahasiswa, tidak dapat diwakilkan, sesuai dengan jadwal masing-masing fakultas/sekolah
6 Agustus 2017 Gladi Bersih Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2017 Wajib diikuti secara penuh oleh calon mahasiswa lulusan SNMPTN 2017
7 Agustus 2017 Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2017 Wajib diikuti secara penuh oleh calon mahasiswa lulusan SNMPTN 2017
8 – 19 Agustus 2017 Pengenalan Lingkungan Kampus (PLK) ITB 2017 Wajib diikuti secara penuh oleh calon mahasiswa lulusan SNMPTN 2017
12 Agustus 2017 Incoming Test Bahasa Inggris bagi calon mahasiswa yang telah melaksanakan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017 Dilaksanakan sendiri oleh calon mahasiswa, tidak dapat diwakilkan
17 Agustus 2017 Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Wajib diikuti secara penuh oleh calon mahasiswa lulusan SNMPTN 2017
21 Agustus 2017 Hari pertama perkuliahan semester 1 tahun akademik 2017/2018 Wajib diikuti secara penuh oleh seluruh mahasiswa ITB

 

Persyaratan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017

Dokumen-dokumen persyaratan yang harus dibawa dan dilengkapi calon mahasiswa pada saat pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB, adalah sebagai berikut :

  • Hasil Cetak Final Pengisian Data Calon Mahasiswa Baru ITB 2017. Calon mahasiswa diharuskan menyelesaikan proses Pengisian Data Calon Mahasiswa Baru ITB 2017 (termasuk data ekonomi bagi calon mahasiswa yang mengajukan bantuan biaya pendidikan atau beasiswa Bidikmisi) hingga tanggal 10 Mei 2017, untuk dapat melakukan cetak final. Lembar hasil cetak sementara Pengisian Data Calon Mahasiswa Baru ITB 2017 tidak dapat digunakan.
  • Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2017 (asli). Calon mahasiswa yang tidak membawa Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2017, tidak diperkenankan memasuki area pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017.
  • 2 (dua) lembar pasfoto hitam putih ukuran 3 x 4 cm. Kedua pas foto tersebut ditempelkan di Lembar Validasi yang akan diperoleh calon mahasiswa di lokasi pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB.
  • Akte Kelahiran asli dan 1 (satu) lembar fotokopi. Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akte Kelahiran, tidak dapat digunakan.
  • Bukti Kelulusan SMA Asli berupa STTB/Ijazah dan/atau Tanda Lulus Sementara dari SMA asal (pas foto harus terkena cap sekolah), serta 1 (satu) fotokopinya (dilegalisasi oleh Kepala Sekolah). Kelulusan SMA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan kelulusan calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SMA dari penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN 2017.
  • Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) 2017, serta 1 (satu) fotokopinya (dilegalisasi oleh Kepala Sekolah).
  • Rapor SMA asli semester 1 s.d. semester 5 dan 1 (satu) fotokopinya, dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  • Sertifikat Bukti Prestasi asli (bila ada) dan 1 (satu) fotokopi, dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  • Bagi calon mahasiswa yang mendaftar ke FSRD ITB, diwajibkan membawa karya gambar asli yg diunggah untuk dokumen portofolio.
  • Surat Perjanjian Mahasiswa Baru ITB 2017 yang telah diisi dan ditandatangani calon mahasiswa di atas meterai Rp. 6000,-. Surat perjanjian tersebut dapat diperoleh dari Kit Pendaftaran Awal (http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip)
  • Surat Pernyataan Dokumen Akademik yang telah diisi dan ditandatangani calon mahasiswa di atas meterai Rp. 6000,-. Surat pernyataan tersebut dapat diperoleh dari Kit Pendaftaran Awal   (http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip)
  • Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata asli, sesuai dengan format yang disediakan ITB di laman http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di sekolah/fakultas berikut :
    • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (khusus peminat program studi Kimia)
    • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
    • Sekolah Farmasi
    • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
    • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
    • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (khusus peminat program studi Teknik Lingkungan dan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan)
    • Fakultas Teknologi Industri (khusus peminat program studi Teknik Kimia)
    • Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • Bagi calon mahasiswa yang akan mengajukan permohonan subsidi biaya pendidikan atau telah mengajukan lamaran Beasiswa BIDIKMISI, diwajibkan :
    • Menyerahkan dokumen-dokumen berikut pada saat pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB, tanggal 16 Mei 2017 :
      • Surat Pernyataan Orang Tua/Wali asli yang telah diisi dan ditandatangani di atas meterai Rp. 6000,-. Surat pernyataan tersebut dapat diperoleh dari Kit Pendaftaran Awal (http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip)
      • Bukti pembayaran rekening listrik
      • Surat Keterangan Penghasilan orangtua/wali dari Pemberi Pekerjaan/RT/RW/ Kelurahan.
    • Mengunggah dokumen-dokumen berikut di laman http://pmb.akademik.itb.ac.id pada tanggal 2 – 10 Mei 2017 :
      • Fotocopy Kartu Keluarga yang mencantumkan nama calon mahasiswa
      • Bukti pembayaran rekening listrik yang mencantumkan secara jelas kapasitas daya listrik tempat tinggal
      • Fotocopy tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang mencantumkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) atau Perjanjian Kontrak/Sewa tempat tinggal dengan alamat sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Keluarga
      • Foto tempat tinggal sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Keluarga
      • Essay (diketik dalam format MS Word). Informasi mengenai essay yang harus dibuat oleh calon mahasiswa dapat diperoleh di tautan ini.
    • Dokumen yang tidak berhasil diunggah wajib dibawa pada saat Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017. Pengajuan subsidi biaya pendidikan dan Beasiswa Bidikmisi tidak akan diproses apabila terdapat data/dokumen yang tidak lengkap.

Semua persyaratan dan dokumen tersebut harus dibawa pada saat Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017. Kekurangan/ketidaklengkapan persyaratan dan dokumen, dapat menyebabkan kelulusan calon mahasiswa yang bersangkutan di SNMPTN 2017 dibatalkan dan tidak dapat diklaim kembali untuk alasan apa pun.

Bila calon mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengisi/melengkapi dokumen persyaratan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017, silakan mengunjungi laman FAQ Pengisian Data Induk Calon Mahasiswa untuk memperoleh informasi lebih lanjut. 

 

Persyaratan Peserta Beasiswa BIDIKMISI

Bagi calon mahasiswa yang mengajukan permohonan Beasiswa BIDIKMISI, selain dari kelengkapan akademik di atas, diharuskan untuk membawa kelengkapan dokumen persyaratan pengajuan Beasiswa BIDIKMISI pada saat pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017, pada tanggal 16 Mei 2017. Kelengkapan dokumen tersebut adalah :

  • Fotokopi Kartu Keluarga Miskin. Bagi keluarga yang tidak memiliki Kartu Keluarga Miskin, harus menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh kepala desa/kepala dusun/instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
  • Rekomendasi untuk menerima Beasiswa BIDIKMISI dari Sekolah beserta alasan mengapa calon mahasiswa yang bersangkutan dinilai layak untuk menerima beasiswa BIDKMISI.
  • Fotokopi Kartu Identitas kedua orang tua calon mahasiswa.
  • Surat Perjanjian Bidikmisi ITB yang telah ditandatangani di atas meterai Rp. 6000,-. Formulir Surat Perjanjian Bidikmisi ITB dapat diunduh di tautan ini.
  • Bagi penerima Beasiswa Bidikmisi, sebagai bagian dari program pengembangan karakter mahasiswa Bidikmisi, diwajibkan untuk tinggal di asrama ITB selama satu tahun pertama di ITB. Ketentuan Tinggal dan Pendaftaran Asrama bagi penerima beasiswa Bidikmisi dapat diperoleh di Lembaga Kemahasiswaan ITB, di lokasi Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017.
  • Asuransi Kesehatan bagi penerima Beasiswa Bidikmisi telah disediakan ITB. Mohon menghubungi Ruang Lembaga Kemahasiswaan ITB di Gedung Graha Satria Jabar, pada saat Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017, tanggal 16 Mei 2017.

 

Ketentuan bagi Peserta Program Peminatan ITB

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB melalui Program Peminatan ITB, berlaku ketentuan sebagai berikut :

  • Setelah tahun pertama perkuliahan (TPB), mahasiswa akan ditempatkan di program studi yang menerimanya pada Program Peminatan ITB 2017, dan tidak diperkenankan untuk mengajukan perpindahan program studi.

 

Beberapa informasi penting lainnya

  • Rute untuk menuju Kampus ITB Jatinangor dapat diperoleh di laman http://jatinangor.itb.ac.id/moda-transportasi/
  • ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki Asuransi Kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang), pada saat pendaftaran ulang mahasiswa baru, di awal Agustus 2017.
  • Calon mahasiswa melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB secara tepat waktu, berpakaian seragam SMA (wajib mengenakan kemeja putih berkerah) dan mengenakan sepatu tertutup.
  • Seluruh calon mahasiswa yang telah menyelesaikan proses Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB, diwajibkan untuk mengikuti Tes Psikologi, pada tanggal 17 Mei 2017, pukul 07.00 WIB – selesai, di Kampus ITB Jatinangor.
  • Pelunasan biaya pendidikan akan dilaksanakan saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB, pada awal bulan Agustus 2017. Ketentuan mengenai biaya pendidikan di ITB dapat diperoleh di laman http://usm.itb.ac.id/wp/?page_id=40.
  • Selain dari persyaratan dokumen yang tercantum dalam pengumuman ini, ITB tidak mewajibkan calon mahasiswa untuk membawa benda-benda lainnya. Mohon agar calon mahasiswa tidak membeli perlengkapan yang ditawarkan di sekitar lokasi pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB.
  • Nama Mahasiswa, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua harus sama penulisannya dan penyingkatannya antara STTB/Ijazah, STK/STL, dan Akte Kelahiran. Apabila tidak sama, harus ada surat keterangan dari pihak yang berwenang (Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil untuk Akte Kelahiran, Kepala Sekolah untuk Ijazah/STTB/STK/STL).
  • Pasfoto memperlihatkan kedua telinga, menghadap ke depan, berpakaian seragam sekolah (kemeja putih), dan tanpa tutup kepala. Bagi yang berjilbab, diperkenankan menyerahkan pasfoto berjilbab.

 

Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017, dapat diperoleh di alamat :

 Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan
 Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB
 Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
 Tel./Fax.           : (022) 2508519, (022) 2530689
 E-mail               : usmitb@pusat.itb.ac.id
 Website            : http://usm.itb.ac.id/

 

Bandung, 26 April 2017

a.n. REKTOR

Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan
Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB

 

 

Prof. Dr. Ir. Mindriany Syafila, MS.
NIP : 131 646 600