Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister dan Doktor ITB 2017

Kegiatan pendaftaran mahasiswa baru bagi calon mahasiswa Program Pascasarjana yang dinyatakan diterima di ITB pada semester II tahun 2017/2018 akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal :  Selasa – Jumat, 19 – 22 Desember 2017 
Waktu : 08.00 – 12.00 WIB (antrian dihentikan pada pukul 11.30 WIB)
Tempat : Loket Direktorat Pendidikan, Gd. CCAR ITB lt. 1, Jl. Tamansari no. 64 Bandung

Setiap calon mahasiswa Program Pascasarjana ITB diwajibkan melaksanakan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB pada jadwal yang telah ditetapkan. Calon mahasiswa tidak diperkenankan membawa kendaraan ke Gd. CCAR ITB.

Pendaftaran calon Mahasiswa Pascasarjana Baru ITB harus dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa yang bersangkutan dan tidak dapat diwakilkan. Sebelum melaksanakan pendaftaran, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus  diharuskan melaksanakan pengisian data calon mahasiswa di laman resmi ITB (http://usm.itb.ac.id) mulai tanggal 5 s.d. 22 Desember 2017. Keterangan mengenai pengisian data calon mahasiswa secara online tersebut dapat diperoleh di alamat http://usm.itb.ac.id/.

Jadwal lengkap pelaksanaan Pendaftaran Mahasiswa Program Pascasarjana Baru ITB 2017, sebagai berikut :

No

Uraian Tanggal

Keterangan

1. Pemberitahuan Hasil Seleksi 20 November 2017 Diunduh dari laman  http://usm.itb.ac.id
2. Cetak Lembar Kendali Pendaftaran Mahasiswa 21 November 2017 s.d. 22 Desember 2017 Diunduh dari laman  http://usm.itb.ac.id
3. Pengisian dan Pencetakan Data Induk Mahasiswa 5 s.d. 22 Desember 2017 Diunduh dari laman  http://usm.itb.ac.id
4. Pendaftaran Mahasiswa Baru 19 s.d. 22 Desember 2017 Gedung CCAR Jl. Taman Sari No. 64 Bandung, pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB
5. Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 11 Januari 2018 Aula Barat ITB, Jl. Ganesa no. 10 Bandung, pukul 08.00 WIB
6. Perwalian Akan disampaikan kemudian Disampaikan ke alamat e-mail masing-masing calon mahasiswa
Catatan : Proses pendaftaran ulang tersebut di atas HARUS DILAKSANAKAN SENDIRI DAN TIDAK DAPAT DIWAKILKAN

Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Program Pascasarjana Baru ITB 2017

Dokumen-dokumen persyaratan yang harus dibawa dan dilengkapi calon mahasiswa pada saat pelaksanaan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB, adalah sebagai berikut :

  • Hasil Cetak Final Pengisian Data Calon Mahasiswa Baru ITB 2017 dari laman http://usm.itb.ac.id/oreg. Calon mahasiswa diharuskan menyelesaikan proses Pengisian Data Calon Mahasiswa Baru ITB 2017, untuk dapat melakukan cetak final. Lembar hasil cetak sementara (DRAFT) Pengisian Data Calon Mahasiswa Baru ITB 2017 tidak dapat digunakan.
  • Lembar Kendali Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2017. Lembar kendali dapat diperoleh di laman http://usm.itb.ac.id/oreg, bagi calon mahasiswa yang telah melengkapi seluruh persyaratan Pendaftaran Calon Peserta Program Magister/Doktor ITB 2017. 
  • Ijazah asli S1 untuk calon mahasiswa program Magister, Ijazah asli S1 dan S2 untuk calon mahasiswa program Doktor
  • Transkrip asli S1 untuk calon mahasiswa program Magister, Transkrip asli S1 dan S2 untuk calon mahasiswa program Doktor
  • Sertifikat TOEFL/IELTS/ELPT ITB asli. Dokumen tersebut akan diambil dan tidak dapat dikembalikan kepada mahasiswa untuk alasan apa pun.
  • Sertifikat TPA asli. Dokumen tersebut akan diambil dan tidak dapat dikembalikan kepada mahasiswa untuk alasan apa pun.
  • Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
  • Surat Perjanjian dengan ITB
  • Bukti Pelunasan Biaya Pendidikan ITB. Rincian biaya terdapat di http://usm.itb.ac.id. Tata cara pelunasan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) dapat diperoleh di tautan ini.
  • Bagi mahasiswa Program Kerja Sama dan dari Instansi yang BPP-nya dibiayai oleh program tersebut atau Unit Kerja yang bersangkutan, WAJIB membawa fotokopi surat keterangan sumber beasiswa dari Instansi atau Fakultas/Sekolah terkait.
  • Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan (bukan Asuransi Kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki Asuransi Kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang), dalam salah satu bentuk sebagai berikut :
    • Kartu kepesertaan asuransi kesehatan (asli dan 1 fotokopi) yang mencantumkan nama calon mahasiswa dan tanggal akhir masa berlaku.
    • Kartu kepesertaan asuransi kesehatan (asli dan 1 fotokopi) atau polis asuransi kesehatan tanpa kartu (asli) yang mencantumkan nama calon mahasiswa tanpa tanggal akhir masa berlaku, disertai dengan :
    • Kartu Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Kartu Jakarta Sehat (KJS)/Kartu Jakarta Pintar (KJP) (asli dan 1 fotokopi) yang mencantumkan nama calon mahasiswa tanpa tanggal akhir masa berlaku, disertai dengan :
      • Formulir keterangan asuransi kesehatan dari provider asuransi yang bersangkutan (format formulir dapat diunduh di tautan ini), atau
      • Laporan transaksi terakhir atau bukti pembayaran premi terakhir yang mencantumkan nama calon mahasiswa, atau
      • Apabila pembayaran BPJS/KIS/KJS/KJP tersebut ditanggung oleh instansi/perusahaan, dapat digunakan surat keterangan dari instansi/perusahaan yang bersangkutan
      • Mohon calon mahasiswa memastikan bahwa kartu/kepesertaan BPJS/KIS/KJS/KJP tersebut dapat digunakan di fasilitas kesehatan di Kota Bandung

Semua persyaratan dan dokumen tersebut harus dibawa pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2017. Kekurangan/ketidaklengkapan persyaratan dan dokumen, dapat menyebabkan kelulusan calon mahasiswa yang bersangkutan di ITB dibatalkan dan tidak dapat diklaim kembali untuk alasan apa pun. 

 

Biaya Pendidikan

Besarnya biaya pendidikah yang harus dilunasi mahasiswa ITB adalah sebagai berikut :

  • Biaya Pendidikan untuk program Magister di Fakultas/Sekolah selain dari Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) adalah sebesar  10.500.000,- (sepuluh juta lima ratus ribu rupiah) per semester.
  • Biaya Pendidikan untuk program Doktor di Fakultas/Sekolah selain dari Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) adalah sebesar  12.500.000,- (dua belas juta lima ratus ribu rupiah) per semester.
  • Biaya pendidikan Program Magister dan Doktor SBM dapat dilihat pada laman http://www.sbm.itb.ac.id/mba.

Calon mahasiswa yang memerlukan penundaan pelunasan biaya pendidikan dikarenakan belum memperoleh pencairan biaya pendidikan dari sponsor/pemberi beasiswa, diharapkan segera menghubungi Sekolah Pascasarjana (SPS) ITB di Gd. CCAR ITB lt. 4, sebelum pelaksanaan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2017, dengan membawa surat penjaminan pelunasan biaya pendidikan dari sponsor/pemberi beasiswa. 

Penundaan pelunasan biaya pendidikan tidak dapat diberikan bagi calon mahasiswa pascasarjana yang bukan penerima beasiswa/peserta program kerja sama.

 

Tata cara pelunasan Biaya Perkuliahan

Pelunasan Biaya Perkuliahan ITB dapat dilakukan melalui prosedur Host to Host di Bank BNI, Bank BRI, dan Bank Mandiri. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara tunai melalui teller, pemindahbukuan antar rekening, transfer dari bank lain, ATM bank yang bersangkutan, maupun ATM Bersama, dengan tata cara pelunasan yang dapat diperoleh di laman http://usm.itb.ac.id/wp/?page_id=1625. Pada pelaksanaan pembayaran UKT melalui metode Host to Host/Online Payment, Kode Pembayaran berfungsi sebagai nomor rekening virtual di Bank yang bersangkutan.

Pelunasan biaya pendidikan dilaksanakan paling lambat pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2017, tanggal 19 s.d. 22 Desember 2017.

Bayar_BPP

Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2017, dapat diperoleh di alamat :

 Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan 
 Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB
 Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
 Tel./Fax.           : (022) 2508519, (022) 2530689
 E-mail               : usmitb@pusat.itb.ac.id
 Website            : http://usm.itb.ac.id/

 

Bandung, 21 November 2017

a.n. REKTOR

Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan
Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB

 

 

Prof. Dr. Ir. Mindriany Syafila, MS.
NIP : 131 646 600