Petunjuk Pendaftaran Online

Pendaftaran Calon Peserta TPA tanggal 19 November 2016 telah berakhir 

Terima kasih atas ketertarikan saudara untuk mendaftar ke pogram Pascasarjana ITB. Saat ini pendaftaran untuk masa perkuliahan semester ganjil 2016/2017 telah berakhir. Pendaftaran untuk masa perkuliahan semester genap 2016/2017 akan dibuka mulai tanggal 28 September 2016 melalui laman ini.

Sebelum saudara melakukan pendaftaran online, maka saudara harus membaca syarat-syarat pendaftaran Magister atau Doktor dan langkah-langkah pendaftaran online yang ada di bawah ini. Kemudian, silahkan melakukan proses pendaftaran di laman http://usm.itb.ac.id/.

Langkah-langkah pendaftaran online :

1. Registrasi

Calon mahasiswa dipersilakan melakukan registrasi di laman http://usm.itb.ac.id/ dengan menggunakan alamat e-mail yang valid. Sistem akan mengirimkan nomor seleksi dan password ke alamat e-mail tersebut yang akan digunakan untuk proses login selanjutnya. Calon mahasiswa yang telah memiliki nomor seleksi dan password dapat melakukan login di laman yang sama.

2. Pengisian Data Calon Mahasiswa

 Setelah melakukan login, calon mahasiswa dipersilakan mengisi data-data sebagai berikut :

1. Biodata

Calon mahasiswa dipersilakan mengisi biodata dengan data-data terbaru. Alamat calon mahasiswa dan instansi tempat kerja diisi dengan alamat dan instansi tempat kerja calon mahasiswa saat ini.

2. Asal Pendidikan

Calon mahasiswa mengisikan data pendidikan asalnya sesuai dengan data yang tercantum di Ijazah pendidikan sarjana dan magister (khusus bagi pelamar program doktor). Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Ijazah dan melamar dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL), kolom Bulan dan Tahun Keluar Ijazah diisi dengan tanggal perkiraan terbitnya Ijazah yang bersangkutan.

Data akreditasi perguruan tinggi asal dan data akreditasi program studi asal calon mahasiswa harus diisi. Calon mahasiswa dipersilakan menghubungi perguruan tinggi asalnya untuk memperoleh informasi tersebut.

3. Program Studi

Calon mahasiswa dipersilakan mengisi jenis program pendidikan dan pilihan program studinya di ITB. Bila diperlukan, calon mahasiswa dapat memilih konsentrasi yang diminatinya.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri pada program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree, dapat memilih program yang diminatinya di bagian ini. Persyaratan umum bagi peminat program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree tidak berbeda dengan persyaratan bagi peminat program reguler.

Pengisian nilai kemampuan bahasa Inggris harus disesuaikan dengan dokumen sertifikasi kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki calon mahasiswa. Bila calon mahasiswa belum memiliki nilai kemampuan bahasa Inggris dan/atau nilai TPA, kolom nilai dan tanggal tes dapat dikosongkan.

4. Sumber Dana

Calon mahasiswa mengisikan data rencana sumber dana pembiayaan pendidikannya. Bagi calon mahasiswa yang merupakan penerima beasiswa atau merupakan peserta program kerjasama, silakan isi dengan pilihan beasiswa, serta mencantumkan instansi sumber beasiswa/kerja samanya.

Bila calon mahasiswa belum memperoleh beasiswa atau pengajuan beasiswanya belum disetujui oleh instansi pemberi beasiswa, dipersilakan memilih pilihan “pribadi” sebagai sumber dana biaya pendidikannya.

5. Rekomendasi

Sesuai dengan persyaratan ITB, calon mahasiswa program pascasarjana ITB harus mendapatkan rekomendasi dari 2 orang (dosen/atasan) untuk melanjutkan pendidikan di program studi yang ditujunya. Rekomendasi ini ditujukan kepada ketua program studi yang bersangkutan, dan dapat diisikan secara online oleh pemberi rekomendasi. ITB menyarankan agar calon mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan calon pemberi rekomendasi sebelum melaksanakan pendaftaran program pascasarjana ITB. Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti program pascasarjana ITB.

Calon mahasiswa dipersilakan untuk mengisikan paling sedikit 2 alamat e-mail pemberi rekomendasi. Kolom alamat e-mail ketiga dapat diisi bila dirasakan perlu. Sistem akan mengirimkan tautan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi untuk dapat mengisi formulir rekomendasi bagi calon mahasiswa yang bersangkutan secara online. Rekomendasi tersebut akan disimpan di dalam sistem dan akan disampaikan ke program studi tujuan secara otomatis, setelah calon mahasiswa menyelesaikan pendaftarannya. ITB menyarankan agar calon mahasiswa kembali menghubungi pemberi rekomendasi segera setelah menyelesaikan pengisian pendaftaran online, terkait pemberian rekomendasi secara online tersebut.

3. Upload Data

Sesuai dengan ketentuan persyaratan pendaftaran program pascasarjana ITB, calon mahasiswa diharuskan mengunggah/upload dokumen-dokumen sebagai berikut :

1. Ijazah program Magister asli (khusus bagi pelamar program Doktor)

Bagi pelamar program Doktor, bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.

2. Transkrip program Magister asli (khusus bagi pelamar program Doktor)

Transkrip akademik yang diunggah adalah transkrip terakhir, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir, dengan IP minimum 3,00.

3. Ijazah program Sarjana asli

Bagi pelamar program Magister, bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.

4. Transkrip program Sarjana asli

Transkrip akademik yang diunggah adalah transkrip terakhir, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.

5. Foto

Pas Foto yang diunggah harus menghadap ke depan, sesuai dengan ketentuan pas foto resmi yang berlaku di Indonesia. Latar belakang pas foto tidak ditentukan ITB.

6. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan

ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki Asuransi Kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang). Bila calon mahasiswa belum memiliki bukti kepemilikan asuransi kesehatan, dokumen tersebut harus dilengkapi paling lambat pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru di ITB, bila calon mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi.

7. Bukti Transfer Biaya Pendaftaran

Bukti pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar Magister Administrasi Bisnis, Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah), termasuk biaya pelaksanaan Tes Psikologi (Psikotes). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening BNI 988 00211 97000201, a.n. Pendaftaran Program Magister ITB, atau ke nomor rekening BNI 988 00211 97000202, a.n. Pendaftaran Program Doktor ITB.

8. Sertifikat Nilai Bahasa Inggris (Score Report) asli

Dokumen Sertifikat Nilai Bahasa Inggris yang diakui ITB berupa nilai TOEFL ITP/TOEFL Internasional, atau IELTS, atau ELPT ITB. Dokumen selain Sertifikat Nilai Bahasa Inggris tersebut di atas tidak dapat digunakan.

Bila calon mahasiswa belum memiliki Sertifikat Nilai Bahasa Inggris, Sertifikat Nilai Bahasa Inggris tersebut harus dilengkapi paling lambat pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru di ITB, bila calon mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi.

Sebagai informasi tambahan, calon mahasiswa dapat mengikuti tes ELPT ITB yang diselenggarakan oleh UPT Pusat Bahasa ITB. Calon mahasiswa dipersilakan untuk langsung menghubungi UPT Bahasa ITB di alamat http://www.lc.itb.ac.id/.

9. Sertifikat Nilai TPA BAPPENAS asli

Khusus bagi pelamar program studi Magister Administrasi Bisnis, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, mengunggah sertifikat AAT. Informasi mengenai pelaksanaan tes AAT dapat diperoleh di Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB.

Bila calon mahasiswa belum memiliki Sertifikat Nilai TPA BAPPENAS/AAT, Sertifikat Nilai TPA BAPPENAS/AAT tersebut harus dilengkapi paling lambat pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru di ITB, bila calon mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi.

Sebagai informasi tambahan, calon mahasiswa dapat mengikuti tes TPA BAPPENAS yang diselenggarakan oleh ITB. Informasi mengenai pelaksanaan tes TPA BAPPENAS yang diselenggarakan oleh ITB tersebut dapat diperoleh di tautan ini.

Khusus bagi dipelamar program Doktor yang merupakan lulusan program Magister ITB tahun 2015 dan 2016, tidak perlu mengungah Sertifikat Nilai TPA BAPPENAS.

10. Surat Mengikuti Program Magister

Format surat tersebut dapat diperoleh di sini.

11. Surat Perjanjian dengan ITB

Format surat tersebut dapat diperoleh di sini. Kolom tanda tangan “Kepala Lembaga Kemahasiswaan, Sekretaris Bidang Non Kurikuler dan Kemasyarakatan” tidak perlu diisi.

12. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen

Format surat tersebut dapat diperoleh di sini.

13. Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Program Magister/Doktor

Format surat tersebut dapat diperoleh di sini.

14. Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose)

Formulir Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) tersebut dapat diperoleh di sini.

15. Proposal Usulan Penelitian (khusus bagi pelamar program Doktor)

Proposal Usulan Penelitian tersebut harus mencantumkan beberapa hal sebagai berikut :

- Minat dan Tujuan mengikuti pendidikan program Doktor di ITB

- Bidang kajian yang ingin dipelajari

- Usulan Topik Penelitian

Pendaftaran calon mahasiswa program Pascasarjana ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan. Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online tidak akan diproses lebih lanjut di ITB.

Setelah seluruh data dan dokumen pendaftaran berhasil diunggah ke laman http://usm.itb.ac.id/, calon mahasiswa tidak perlu mengirimkan/menyerahkan dokumen pendaftaran secara fisik ke ITB. DEKTM ITB tidak menerima dokumen fisik apa pun berkaitan dengan pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa pascasarjana ITB.

Calon mahasiswa program Pascasarjana ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di tautan berikut ini. Kelulusan calon mahasiswa akan ditentukan oleh hasil seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh masing-masing Program Studi tujuan.