Persyaratan Program Doktor

Pendaftaran calon mahasiswa baru program Pascasarjana ITB untuk periode perkuliahan Januari 2018 akan dilaksanakan mulai tanggal 12 September s.d. 26 Oktober 2017

Calon mahasiswa Program Pascasarjana ITB yang belum melengkapi data dan/atau persyaratan dokumen hingga tanggal 26 Oktober 2017, pukul 15.00 WIB, tidak dapat mengikuti seleksi Program Pascasarjana ITB di program studi tujuannya

Calon mahasiswa program Doktor ITB merupakan lulusan program Magister (S2) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai.

Pelamar program Doktor ITB harus dapat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut :

  • Memenuhi persyaratan Nilai Kemampuan Bahasa Inggris dengan rincian standar nilai yang diakui ITB sebagai berikut :
    • TOEFL iBT minimum sebesar 56, atau
    • TOEFL CBT minimum sebesar 151, atau
    • TOEFL ITP minimum sebesar 475, atau
    • IELTS minimum sebesar 5, atau
    • ELPT ITB minimum sebesar 77, atau
  • Memenuhi persyaratan TPA BAPPENAS minimum sebesar 475.
  • Memiliki Indeks Prestasi (IP) program Magister minimum 3,00.
  • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi tujuan.
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Biaya pelaksanaan seleksi tersebut tidak termasuk biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS dan biaya TPA BAPPENAS.

 

Untuk melaksanakan pelamaran, calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman http://usm.itb.ac.id/wp/?page_id=543, dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :

  • Ijazah program Magister asli. Bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
  • Transkrip program Magister asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir, dengan IP minimum 3,00.
  • Ijazah program Sarjana asli.
  • Transkrip program Sarjana asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
  • Sertifikat Nilai Bahasa Inggris (Score Report) asli yang masih berlaku, sesuai dengan ketentuan di atas. Dokumen Sertifikat Nilai Bahasa Inggris yang diakui ITB berupa nilai TOEFL ITP/TOEFL Internasional, atau IELTS, atau ELPT ITB. Dokumen selain Sertifikat Nilai Bahasa Inggris tersebut di atas tidak dapat digunakan.
  • Sertifikat Nilai TPA BAPPENAS asli yang masih berlaku, sesuai dengan ketentuan di atas. Khusus bagi lulusan program Magister ITB tahun 2015 dan 2016, tidak perlu mengungah Sertifikat Nilai TPA BAPPENAS asliBagi pelamar program Doktor di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang bukan calon penerima beasiswa, persyaratan Sertifikat Nilai TPA BAPPENAS asli digantikan dengan mengunggah Portofolio.
  • Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan (bukan Asuransi Kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki Asuransi Kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang).
  • Surat Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan) kepada program studi yang dituju di ITB. Surat Rekomendasi tersebut diunggah ke laman pendaftaran mahasiswa pascasarjana ITB oleh pemberi rekomendasi, melalui tautan khusus yang akan dikirimkan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi. Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti program pascasarjana ITB.
  • Proposal Usulan Penelitian, yang mencantumkan beberapa hal sebagai berikut :
    • Minat dan Tujuan mengikuti pendidikan program Doktor di ITB
    • Bidang kajian yang ingin dipelajari
    • Usulan Topik Penelitian
  • Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) pelamaran program Doktor ITB. Formulir Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) tersebut dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat http://usm.itb.ac.id/wp/?page_id=543, setelah calon mahasiswa melakukan login.
  • Bukti pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Biaya pelaksanaan seleksi tersebut tidak termasuk biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS dan biaya TPA BAPPENAS. Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening berikut :
No. Rekening Virtual Account : 988 00211 97000202
Nama Rekening Virtual Account : Pendaftaran Program Doktor ITB
Cabang : Bank BNI Cabang PTB
Alamat : Jl. Tamansari N0 80 Bandung

 

Pendaftaran calon mahasiswa program Doktor ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan. Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online tidak akan diproses lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa program Doktor ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di tautan berikut ini.

Khusus pelamar BPPDN, perlu memperhatikan pemenuhan persyaratan/ketentuan penerima BPPS yang diterbitkan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).

Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki nilai TOEFL, dapat mengikuti tes ELPT ITB yang diselenggarakan oleh UPT Pusat Bahasa ITB. Calon mahasiswa dipersilakan untuk langsung menghubungi UPT Bahasa ITB di alamat http://www.lc.itb.ac.id/.

ITB menyelenggarakan Ujian TPA BAPPENAS bagi calon mahasiswa Pascasarjana yang belum memiliki nilai TPA BAPPENAS, pada sesuai jadwal berikut :

  • Tanggal 28 Oktober 2017, pukul 13.00 WIB, di Kampus ITB

Pendaftaran calon peserta Ujian TPA BAPPENAS dapat dilaksanakan di laman ini mulai tanggal 12 September s.d. 19 Oktober 2017, dengan melunasi biaya pelaksanaan Ujian TPA BAPPENAS sebesar Rp. 325.000,- melalui transfer ke nomor rekening berikut :

No. Rekening Virtual Account : 988 00211 97000203
Nama Rekening Virtual Account : Pendaftaran Tes TPA
Cabang : Bank BNI Cabang PTB
Alamat : Jl. Tamansari N0 80 Bandung

Calon mahasiswa yang belum memiliki sertifikat TPA juga dapat mengikuti TPA yang diselenggarakan secara langsung oleh BAPPENAS. Silakan mengunjungi laman http://koperasi.bappenas.go.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

PENDAFTARAN TPA BAPPENAS DI ITB