Pelaksanaan Program Seleksi Mahasiswa Transfer ITB

Rincian mekanisme pelaksanaan jalur ini adalah sebagai berikut :

  • Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi mitra ITB, yang diajukan oleh universitas asalnya sebagai calon peserta program. Pengajuan nama calon mahasiswa, dilakukan oleh Rektor Perguruan Tinggi Mitra ITB, kepada Rektor ITB.
  • Batas waktu pengajuan nama dan data calon mahasiswa adalah tanggal 12 Juli 2016.
  • Calon mahasiswa yang diajukan harus merupakan mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi asalnya dan diajukan oleh perguruan tinggi tersebut, sekurang-kurangnya telah menempuh pendidikan selama 4 (empat) semester di perguruan tinggi asal, berasal dari program studi yang memiliki bidang kajian ilmu yang sama dengan program studi yang ditujunya di ITB, dibuktikan dengan Surat Pengantar dari Rektor perguruan tinggi asalnya dan transkrip akademik.
  • Surat Pengajuan dikirimkan ke alamat Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB.
  • Direktorat Pendidikan ITB akan melakukan verifikasi data calon mahasiswa yang diajukan, berdasarkan dokumen-dokumen yang disertakan dalam surat pengajuan dari perguruan tinggi asalnya.
  • Calon mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan administrasi dan persyaratan akademik, sesuai dengan pemberitahuan dari ITB, harus mengikuti seleksi yang diadakan oleh Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB dan Program Studi tujuannya. ITB akan mengirimkan surat panggilan, yang dilengkapi dengan prosedur pendaftaran peserta ujian seleksi, jadwal pelaksanaan seleksi, dan biaya seleksi yang harus dilunasi oleh calon mahasiswa yang bersangkutan.
  • Dokumen pendaftaran calon mahasiswa yang telah diverifikasi akan disampaikan kepada Fakultas/Sekolah/Program Studi untuk dievaluasi berkaitan dengan mata kuliah yang tercantum dalam transkrip calon mahasiswa. Berdasarkan data tersebut, program studi akan menyusun seluruh mata kuliah yang harus diikuti oleh calon mahasiswa sampai dengan selesai program sarjana.
  • Hasil Ujian Kemampuan Akademik Dasar, Ujian Kemampuan Akademik Program Studi, dan evaluasi terhadap transkrip calon mahasiswa akan menjadi pertimbangan penerimaan calon mahasiswa. Penetapan penerimaan calon mahasiswa baru tersebut dilaksanakan melalui rapat khusus, yang dilaksanakan bersama oleh Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB, Fakultas/Sekolah, dan Program Studi. Dalam rapat ini ditentukan pula batas waktu studi yang diberlakukan bagi calon mahasiswa.
  • Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dan dapat diterima sebagai mahasiswa ITB, akan menerima surat panggilan dari ITB, untuk melaksanakan pendaftaran ulang sebagai mahasiswa ITB, serta ketentuan pelunasan biaya pendidikan di ITB. Surat panggilan tersebut juga akan dilampiri dengan ketetapan dari program studi tujuan, tentang mata kuliah yang harus diambil pada program sarjana, jumlah SKS yang masih harus ditempuh di ITB, dan batas waktu masa studi mahasiswa.