Pengumuman kelulusan SNMPTN 2015 dilaksanakan tanggal 9 Mei 2015, pukul 17.00 WIB. Bila beredar informasi mengenai hasil SNMPTN 2015 sebelum waktu tersebut, maka informasi tersebut tidak benar dan tidak diterbitkan oleh Panitia SNMPTN 2015.

Silakan mengunjungi laman resmi ITB untuk memperoleh informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ITB.

Institut Teknologi Bandung
Kembali ke Portal ITB
 
Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB
.: Format Essay Calon Mahasiwa
.: Kit Pendaftaran Awal
.: Pengumuman SNMPTN 2015
.: Pengumuman Prog. Peminatan ITB
 
Kalender Akademik ITB 2014/2015
 
FAQ Penerimaan Mahasiswa Baru ITB
.: Penerimaan Mahasiswa Baru
.: FAQ Biaya Pendidikan ITB
.: FAQ SNMPTN
.: FAQ SBMPTN
.: FAQ Seleksi Mahasiswa Transfer
.: FAQ Seleksi Mahasiswa Internasional
.: FAQ Program Peminatan
 
SNMPTN
 
SBMPTN
 
Seleksi Mahasiswa Transfer
 
Overseas Student Admission
 
Seleksi untuk WNI di Luar Negeri
 
Pilihan Fakultas/Sekolah
 
Tingkat Kesulitan Relatif
 
Akreditasi Program Studi di ITB
 
Alamat Kontak & Promosi

 

FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ) PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITB

 

PERTANYAAN : Bagaimana saya bisa menjadi mahasiswa di ITB ?
JAWABAN : Mulai tahun 2011, ITB menggunakan SNMPTN dan SBMPTN untuk melaksanakan seleksi mahasiswa baru program sarjana di semua Fakultas dan Sekolah di ITB. Selain dari pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN tersebut, ITB tidak menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi lain. Saudara dapat mengunjungi laman http://usm.itb.ac.id/ untuk memperoleh informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru program sarjana ITB.

PERTANYAAN : Bagaimana cara saya mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa di ITB ?
JAWABAN : ITB menggunakan SNMPTN dan SBMPTN untuk melaksanakan seleksi mahasiswa baru program sarjana di semua Fakultas dan Sekolah di ITB. Selain dari pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN tersebut, ITB tidak menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi lain. Sebagai informasi, silakan mengunjungi laman resmi SNMPTN 2015 (http://snmptn.ac.id/) atau laman resmi SBMPTN 2015 (http://sbmptn.or.id/) untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan pendaftaran dan seleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, termasuk ITB.

PERTANYAAN : Selain dari SNMPTN dan SBMPTN, apakah ITB menyelenggarakan ujian saringan masuk mandiri untuk menerima mahasiswa baru program sarjana ?
JAWABAN : Sejak tahun 2011, ITB tidak melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi secara mandiri. ITB hanya menerima mahasiswa baru program sarjana melalui SNMPTN dan SBMPTN. Saudara dapat mengunjungi laman http://usm.itb.ac.id/ untuk memperoleh informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru program sarjana ITB.

PERTANYAAN : Apakah calon mahasiswa ITB wajib mengikuti Ujian Nasional (UN) SLTA ?
JAWABAN : Seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB dilaksanakan melalui SNMPTN dan SBMPTN. Dengan demikian persyaratan untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru ITB yang berlaku adalah persyaratan peserta SNMPTN dan/atau SBMPTN, yang salah satunya adalah telah lulus UN SLTA atau Paket C, dibuktikan dengan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional atau Surat Keterangan Lulus Paket C.

PERTANYAAN : Sekolah saya merupakan Sekolah Internasional di wilayah Republik Indonesia, namun tidak mengikuti UN SLTA. Apakah saya bisa menjadi mahasiswa ITB ?
JAWABAN : Seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB dilaksanakan melalui SNMPTN dan SBMPTN. Dengan demikian persyaratan untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru ITB yang berlaku adalah persyaratan peserta SNMPTN dan/atau SBMPTN, yang salah satunya adalah telah lulus UN SLTA atau Paket C, dibuktikan dengan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional atau Surat Keterangan Lulus Paket C. Sebagai gambaran, informasi mengenai persyaratan peserta SBMPTN 2015 dapat diperoleh di laman resmi SBMPTN 2015 (http://sbmptn.or.id/).

PERTANYAAN : Saya merupakan lulusan SLTA di luar wilayah Republik Indonesia dan bukan merupakan lulusan Sekolah Indonesia di Luar Negeri. Dengan demikian, saya tidak mengikuti UN SLTA. Apakah saya bisa menjadi mahasiswa ITB ?
JAWABAN : Seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB dilaksanakan melalui SNMPTN dan SBMPTN. Dengan demikian persyaratan untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru ITB yang berlaku adalah persyaratan peserta SNMPTN dan/atau SBMPTN, yang salah satunya adalah telah lulus UN SLTA atau Paket C, dibuktikan dengan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional atau Surat Keterangan Lulus Paket C. Khusus bagi lulusan SLTA di luar wilayah Republik Indonesia dan bukan merupakan lulusan Sekolah Indonesia di Luar Negeri, saudara juga dapat menggunakan ijazah dari SLTA saudara yang dilengkapi dengan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah SLTA dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sebagai gambaran, informasi mengenai persyaratan peserta SBMPTN 2015 dapat diperoleh di laman resmi SBMPTN 2015 (http://sbmptn.or.id/).

PERTANYAAN : Bisakah warga negara selain Indonesia menjadi mahasiswa program sarjana ITB ?
JAWABAN : Bisa. Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ITB berkewarganegaraan asing dapat diperoleh di laman http://usm.itb.ac.id/smi-1.htm.

PERTANYAAN : Bagaimana dengan biaya perkuliahan bagi mahasiswa asing di ITB ?
JAWABAN : Informasi mengenai biaya perkuliahan bagi mahasiswa baru ITB berkewarganegaraan asing dapat diperoleh di laman http://usm.itb.ac.id/smi-5.htm.

PERTANYAAN : Adakah beasiswa bagi mahasiswa asing di ITB ?
JAWABAN : ITB tidak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berkewarganegaraan asing. Informasi mengenai biaya perkuliahan bagi mahasiswa baru ITB berkewarganegaraan asing dapat diperoleh di laman http://usm.itb.ac.id/smi-5.htm.

PERTANYAAN : Apakah ITB menyediakan Kelas Internasional bagi mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia ?
JAWABAN : ITB tidak menyelenggarakan Kelas Internasional bagi mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia, selain dari program S1, S2, dan S3 reguler. Bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia, ITB hanya menerima mahasiswa baru program sarjana melalui SNMPTN dan SBMPTN di semua Fakultas dan Sekolah di ITB. Selain dari pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN tersebut, ITB tidak menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi lain.

PERTANYAAN : Bisakah calon mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia mengikuti program Seleksi Mahasiswa Internasional ITB ?
JAWABAN : Tidak, bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia, ITB hanya menerima mahasiswa baru program sarjana melalui SNMPTN dan SBMPTN di semua Fakultas dan Sekolah di ITB. Selain dari pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN tersebut, ITB tidak menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi lain. Saudara dapat mengunjungi laman http://usm.itb.ac.id/ untuk memperoleh informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru program sarjana ITB. Saudara juga dapat mengunjungi laman resmi SNMPTN 2015 (http://snmptn.ac.id/) atau laman resmi SBMPTN 2015 (http://sbmptn.or.id/) untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan pendaftaran dan seleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, termasuk ITB.