INFO PENDAFTARAN

Pendaftaran calon mahasiswa baru program Doktor ITB untuk periode perkuliahan Agustus 2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 2 Februari - 10 Juli 2021 dalam 6 Gelombang pelaksanaan.

Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana Gelombang 1 : tanggal 2 - 27 Februari 2021.

Calon mahasiswa program Doktor ITB merupakan lulusan program Magister (S2) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai.

Pelamar program Doktor ITB harus dapat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut :

  • Memenuhi persyaratan Nilai Kemampuan Bahasa Inggris dengan rincian standar nilai yang diakui ITB sebagai berikut :
    • TOEFL iBT minimum sebesar 56, atau
    • TOEFL ITP minimum sebesar 475, atau
    • TOEIC minimum sebesar 500, atau
    • IELTS minimum sebesar 5, atau
    • ELPT ITB minimum sebesar 77, atau
  • Memenuhi persyaratan TPA BAPPENAS minimum sebesar 475
  • Khusus tahun 2021, persyaratan Kemampuan Bahasa Inggris dan persyaratan TPA Bappenas tidak digunakan sebagai persyaratan seleksi mahasiswa baru dan dapat dipenuhi oleh mahasiswa sebelum lulus dari program Pascasarjana ITB.
  • Memiliki Indeks Prestasi (IP) program Magister minimum 3,00.
  • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi tujuan
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Biaya pelaksanaan seleksi tersebut tidak termasuk biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS dan biaya TPA BAPPENAS.

Untuk melaksanakan pelamaran, calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :

  • Ijazah program Magister asli. Bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
  • Transkrip program Magister asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir, dengan IP minimum 3,00.
  • Ijazah program Sarjana asli.
  • Transkrip program Sarjana asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
  • Sehubungan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan calon mahasiswa program pascasarjana ITB mengalami kesulitan untuk memperoleh dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB, pada tahun 2021, kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tidak digunakan sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana ITB 2021. Ketentuan mengenai persyaratan kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB bagi calon mahasiswa program pascasarjana adalah sebagai berikut :
    • Calon mahasiswa yang mendaftar sebagai peserta seleksi program pascasarjana ITB 2021 tidak diharuskan untuk memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB.
    • Calon mahasiswa yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang telah memenuhi ketentuan di atas tetap dapat mengunggah dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tersebut di laman Pendaftaran Program Pascasarjana ITB.
    • Calon mahasiswa yang belum memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tetap dapat mengikuti seleksi Program Pascasarjana ITB.
    • Nilai TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB sesuai dengan ketentuan di atas akan menjadi salah satu persyaratan untuk dapat menyelesaikan/lulus dari Program Pascasarjana ITB. Tata cara pemenuhan persyaratan TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB akan disampaikan kemudian.
  • Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan (bukan Asuransi Kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki Asuransi Kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang).
    • Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan. ITB menerima semua kelas BPJS/KIS.
    • Pengguna BPJS hanya perlu mengunggah Kartu Peserta BPJS yang aktif dan dilengkapi dengan screenshot dari aplikasi JKN Online.
    • Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau screenshot dari JKN Online
  • Surat Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan) kepada program studi yang dituju di ITB. Surat Rekomendasi tersebut diunggah ke laman pendaftaran mahasiswa pascasarjana ITB oleh pemberi rekomendasi, melalui tautan khusus yang akan dikirimkan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi. Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti program pascasarjana ITB.
  • Proposal Usulan Penelitian, yang mencantumkan beberapa hal sebagai berikut :
    • Minat dan Tujuan mengikuti pendidikan program Doktor di ITB
    • Bidang kajian yang ingin dipelajari
    • Usulan Topik Penelitian
  • Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Biaya pelaksanaan seleksi tersebut tidak termasuk biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS dan biaya TPA BAPPENAS. Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening yang akan disampaikan di halaman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Tata cara pembayaran dapat diperoleh di tautan ini.

Pendaftaran calon mahasiswa program Doktor ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.

Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online tidak akan diproses lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa program Doktor ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di laman ini pada bagian Jadwal Tes Program Studi.

Sebelum melakukan pendaftaran online, Saudara harus membaca syarat-syarat pendaftaran Magister atau Doktor dan langkah-langkah pendaftaran online yang ada di bawah ini. Kemudian silakan melakukan proses pendaftaran di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana

Langkah-langkah pendaftaran online:

  1. Registrasi
  2. Calon mahasiswa dipersilakan melakukan registrasi di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana dengan menggunakan alamat e-mail yang valid. Sistem akan mengirimkan nomor seleksi dan password ke alamat e-mail tersebut yang akan digunakan untuk proses login selanjutnya. Calon mahasiswa yang telah memiliki nomor seleksi dan password dapat melakukan login di laman yang sama.

  3. Pengisian Data Calon Mahasiswa
  4. Setelah melakukan login, calon mahasiswa dipersilakan mengisi data-data sebagai berikut :

    1. Biodata
    2. Calon mahasiswa dipersilakan mengisi biodata dengan data-data terbaru. Alamat calon mahasiswa dan instansi tempat kerja diisi dengan alamat dan instansi tempat kerja calon mahasiswa saat ini.

    3. Asal Pendidikan
    4. Calon mahasiswa mengisikan data pendidikan asalnya sesuai dengan data yang tercantum di Ijazah pendidikan sarjana dan magister (khusus bagi pelamar program doktor). Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Ijazah dan melamar dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL), kolom Bulan dan Tahun Keluar Ijazah diisi dengan tanggal perkiraan terbitnya Ijazah yang bersangkutan.

      Data akreditasi perguruan tinggi asal dan data akreditasi program studi asal calon mahasiswa harus diisi. Calon mahasiswa dipersilakan menghubungi perguruan tinggi asalnya untuk memperoleh informasi tersebut.

    5. Program Studi
    6. Calon mahasiswa dipersilakan mengisi jenis program pendidikan dan pilihan program studinya di ITB. Bila diperlukan, calon mahasiswa dapat memilih konsentrasi yang diminatinya.

      Calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri pada program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree, dapat memilih program yang diminatinya di bagian ini. Persyaratan umum bagi peminat program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree tidak berbeda dengan persyaratan bagi peminat program reguler.

      Pengisian nilai kemampuan bahasa Inggris harus disesuaikan dengan dokumen sertifikasi kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki calon mahasiswa. Bila calon mahasiswa belum memiliki nilai kemampuan bahasa Inggris dan/atau nilai TPA, kolom nilai dan tanggal tes dapat diisi angka “0”.

    7. Sumber Dana
    8. Calon mahasiswa mengisikan data rencana sumber dana pembiayaan pendidikannya. Bagi calon mahasiswa yang merupakan penerima beasiswa atau merupakan peserta program kerjasama, silakan isi dengan pilihan beasiswa, serta mencantumkan instansi sumber beasiswa/kerja samanya.

      Bila calon mahasiswa belum memperoleh beasiswa atau pengajuan beasiswanya belum disetujui oleh instansi pemberi beasiswa, dipersilakan memilih pilihan “pribadi” sebagai sumber dana biaya pendidikannya.

    9. Rekomendasi
    10. Sesuai dengan persyaratan ITB, calon mahasiswa program pascasarjana ITB harus mendapatkan rekomendasi dari 2 orang (dosen/atasan) untuk melanjutkan pendidikan di program studi yang ditujunya. Rekomendasi ini ditujukan kepada ketua program studi yang bersangkutan, dan dapat diisikan secara online oleh pemberi rekomendasi. ITB menyarankan agar calon mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan calon pemberi rekomendasi sebelum melaksanakan pendaftaran program pascasarjana ITB. Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti program pascasarjana ITB.

      Calon mahasiswa dipersilakan untuk mengisikan paling sedikit 2 alamat e-mail pemberi rekomendasi. Kolom alamat e-mail ketiga dapat diisi bila dirasakan perlu. Sistem akan mengirimkan tautan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi untuk dapat mengisi formulir rekomendasi bagi calon mahasiswa yang bersangkutan secara online. Rekomendasi tersebut akan disimpan di dalam sistem dan akan disampaikan ke program studi tujuan secara otomatis, setelah calon mahasiswa menyelesaikan pendaftarannya. ITB menyarankan agar calon mahasiswa kembali menghubungi pemberi rekomendasi segera setelah menyelesaikan pengisian pendaftaran online, terkait pemberian rekomendasi secara online tersebut.

  5. Upload Data
  6. Sesuai dengan ketentuan persyaratan pendaftaran program pascasarjana ITB, calon mahasiswa diharuskan mengunggah/upload dokumen-dokumen sebagai berikut :

    1. Ijazah program Magister asli (khusus bagi pelamar program Doktor)
    2. Bagi pelamar program Doktor, bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.

    3. Transkrip program Magister asli (khusus bagi pelamar program Doktor)
    4. Transkrip akademik yang diunggah adalah transkrip terakhir, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir, dengan IP minimum 3,00.

    5. Ijazah program Sarjana asli
    6. Bagi pelamar program Magister, bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.

    7. Transkrip program Sarjana asli
    8. Transkrip akademik yang diunggah adalah transkrip terakhir, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.

    9. Foto
    10. Pas Foto yang diunggah harus menghadap ke depan, sesuai dengan ketentuan pas foto resmi yang berlaku di Indonesia. Latar belakang pas foto tidak ditentukan ITB.

    11. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan
    12. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki Asuransi Kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang masih aktif dan berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang). Bila calon mahasiswa belum memiliki bukti kepemilikan asuransi kesehatan, dokumen tersebut harus dilengkapi paling lambat pada bulan Agustus 2021, bila calon mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi. Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan. ITB menerima semua kelas BPJS.

      Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau screenshot dari JKN Online

    13. Pelunasan Biaya Pendaftaran
    14. Bukti pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar Magister Administrasi Bisnis, Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening BNI yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Tata cara pembayaran dapat diperoleh di tautan ini.

    15. Sertifikat Nilai Bahasa Inggris (Score Report) dan TPA Bappenas asli
    16. Sehubungan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan calon mahasiswa program pascasarjana ITB mengalami kesulitan untuk memperoleh dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB, pada tahun 2021, kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tidak digunakan sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana ITB 2021. Ketentuan mengenai persyaratan kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB bagi calon mahasiswa program pascasarjana adalah sebagai berikut :

      • Calon mahasiswa yang mendaftar sebagai peserta seleksi program pascasarjana ITB 2021 tidak diharuskan untuk memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB.
      • Calon mahasiswa yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang telah memenuhi ketentuan di atas tetap dapat mengunggah dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tersebut di laman Pendaftaran Program Pascasarjana ITB.
      • Calon mahasiswa yang belum memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tetap dapat mengikuti seleksi Program Pascasarjana ITB.
      • Nilai TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB sesuai dengan ketentuan di atas akan menjadi salah satu persyaratan untuk dapat menyelesaikan/lulus dari Program Pascasarjana ITB. Tata cara pemenuhan persyaratan TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB akan disampaikan kemudian.
    17. Surat Mengikuti Program Doktor
    18. Format surat tersebut dapat diperoleh di sini. Format dokumen yang disediakan dapat di-edit sesuai keperluan.

    19. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
    20. Format surat tersebut dapat diperoleh di sini. Format dokumen yang disediakan dapat di-edit sesuai keperluan.

    21. Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Program Magister/Doktor
    22. Format surat tersebut dapat diperoleh di sini. Format dokumen yang disediakan dapat di-edit sesuai keperluan.

    23. Proposal Usulan Penelitian (khusus bagi pelamar program Doktor)
    24. Proposal Usulan Penelitian tersebut harus mencantumkan beberapa hal sebagai berikut :

      • Minat dan Tujuan mengikuti pendidikan program Doktor di ITB
      • Bidang kajian yang ingin dipelajari
      • Usulan Topik Penelitian

Pendaftaran calon mahasiswa program Pascasarjana ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan. Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online tidak akan diproses lebih lanjut di ITB.

Setelah seluruh data dan dokumen pendaftaran berhasil diunggah, calon mahasiswa tidak perlu mengirimkan/menyerahkan dokumen pendaftaran secara fisik ke ITB. ITB tidak menerima dokumen fisik apa pun berkaitan dengan pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa pascasarjana ITB.

Calon mahasiswa program Pascasarjana ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di bagian Jadwal Tes Program Studi di laman ini. Kelulusan calon mahasiswa akan ditentukan oleh hasil seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh masing-masing Program Studi tujuan.

Jadwal Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB untuk semester I tahun 2021/2022 adalah sebagai berikut:

Kegiatan Gel 1 Gel 2 Gel 3 Gel 4 Gel 5 Gel 6
Pendaftaran Peserta Online 2 - 27 Februari 2021 8 - 27 Maret 2021 30 Maret - 24 April 2021 27 April - 22 Mei 2021 25 Mei - 19 Juni 2021 22 Juni - 10 Juli 2020
Seleksi di Program Studi 1 - 10 Maret 2021 29 Maret - 9 April 2021 26 April - 3 Mei 2021 24 Mei - 4 Juni 2021 21 - 28 Juni 2021 12 - 19 Juli 2021
Pengumuman Hasil Seleksi 19 Maret 2021 16 April 2021 11 Mei 2021 11 Juni 2021 5 Juli 2021 27 Juli 2021
Pendaftaran Online 28 Juli - 7 Agustus 2021 28 Juli - 7 Agustus 2021 28 Juli - 7 Agustus 2021 28 Juli - 7 Agustus 2021 28 Juli - 7 Agustus 2021 28 Juli - 7 Agustus 2021
Hari Pertama Perkuliahan Disampaikan Kemudian Disampaikan Kemudian Disampaikan Kemudian Disampaikan Kemudian Disampaikan Kemudian Disampaikan Kemudian

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana

Biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar Magister Administrasi Bisnis, Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah), termasuk biaya pelaksanaan Tes Psikologi (Psikotes). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening Bank BNI yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Tata cara pembayaran dapat diperoleh di tautan ini.

Pembayaran biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB dilaksanakan dengan menggunakan metode transfer ke virtual account Bank BNI, dapat dilaksanakan dari berbagai channel transaksi Bank BNI, maupun dari bank lain selain Bank BNI. Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Program Doktor ITB adalah sebagai berikut :

No Fakultas / Sekolah BPP Per Semester
1. Program Doktor Rp. 15.000.000,-
2. Khusus Program Doktor SBM - Kelas Reguler Rp. 25.000.000,-
3. Khusus Program Doktor SBM - Kelas Non Reguler Rp. 41.000.000,-

Informasi tata cara pelunasan Biaya Pendidikan dapat akan disampaikan kemudian.

Mulai tahun 2020, ITB tidak memberlakukan kebijakan penundaan pelunasan UKT. Namun demikian, mahasiswa dapat mengajukan permohonan pembayaran UKT secara mencicil. Terdapat dua skema pembayaran biaya UKT secara cicilan sebagai berikut :

  1. Periode cicilan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester :
    1. Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
    2. Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
  2. Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester :
    1. Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
    2. Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.
    3. Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama Ujian Akhir Semester sesuai kalender akademik pada tahun berjalan.

Sebelum saudara melakukan pendaftaran online, maka saudara harus membaca syarat-syarat pendaftaran Magister atau Doktor dan langkah-langkah pendaftaran online. Kemudian, silahkan melakukan proses pendaftaran di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana. Calon mahasiswa hanya dapat mendaftarkan diri pada gelombang dimana program studi tujuannya menerima calon mahasiswa.

Berikut adalah daftar program studi yang dibuka pada Penerimaan Mahasiswa Baru ITB Semester I dan Semester II tahun 2021/2022:

Fakultas/Sekolah

Strata

Program Studi

Semester I tahun 2021/2022

Semester II tahun 2021/2022

Gel 1

Gel 2

Gel 3

Gel 4

Gel 5

Gel 6

FITB

Doktor

Sains Kebumian

V

V

V

V

V

V

V

FITB

Doktor

Teknik Geodesi dan Geomatika

V

V

V

V

V

V

V

FITB

Doktor

Teknik Geologi

V

V

V

V

V

V

V

FITB

Magister

Sains Kebumian

V

V

V

V

V

V

V

FITB

Magister

Teknik Air Tanah

V

V

V

V

V

V

V

FITB

Magister

Teknik Geodesi dan Geomatika

V

V

V

V

V

V

V

FITB

Magister

Teknik Geologi

V

V

V

V

V

V

V

FMIPA

Doktor

Astronomi

X

X

X

V

X

V

V

FMIPA

Doktor

Fisika

X

V

X

V

X

V

V

FMIPA

Doktor

Kimia

X

V

X

V

X

V

V

FMIPA

Doktor

Matematika

V

X

V

X

X

V

V

FMIPA

Doktor

Rekayasa Nuklir

X

V

X

V

X

V

V

FMIPA

Magister

Aktuaria

V

X

V

X

X

V

X

FMIPA

Magister

Astronomi

X

X

X

V

X

V

V

FMIPA

Magister

Fisika

X

V

X

V

X

V

V

FMIPA

Magister

Kimia

X

V

X

V

X

V

V

FMIPA

Magister

Matematika

V

X

V

X

X

V

V

FMIPA

Magister

Pengajaran Fisika

V

X

X

V

X

V

V

FMIPA

Magister

Pengajaran Kimia

X

V

X

V

X

V

V

FMIPA

Magister

Pengajaran Matematika

V

X

V

X

X

V

V

FMIPA

Magister

Sains Komputasi

V

X

V

X

X

V

V

FMIPA

Magister

Ilmu dan Rekayasa Nuklir

X

V

X

V

X

V

V

FSRD

Doktor

Ilmu Seni Rupa dan Desain

X

X

V

V

X

V

X

FSRD

Magister

Desain

X

X

V

V

X

V

X

FSRD

Magister

Seni Rupa

X

X

V

V

X

V

X

FTI

Doktor

Teknik Fisika

V

V

V

V

V

V

V

FTI

Doktor

Teknik Kimia

X

V

X

V

X

V

X

FTI

Doktor

Teknik Manajemen Industri

X

X

V

V

V

V

V

FTI

Magister

Instrumentasi dan Kontrol

V

V

V

V

V

V

V

FTI

Magister

Logistik

X

X

V

V

V

Khusus Fasttrack/Kerma

Khusus Fasttrack/Kerma

FTI

Magister

Teknik Fisika

V

V

V

V

V

V

V

FTI

Magister

Teknik Kimia

X

V

X

V

X

V

X

FTI

Magister

Teknik Manajemen Industri

X

X

V

V

V

Khusus Fasttrack/Kerma

Khusus Fasttrack/Kerma

FTMD

Doktor

Teknik Dirgantara

X

V

X

V

X

V

V

FTMD

Doktor

Teknik Material

X

V

X

V

X

V

V

FTMD

Doktor

Teknik Mesin

X

V

X

V

X

V

V

FTMD

Magister

Teknik Dirgantara

X

V

X

V

X

V

V

FTMD

Magister

Teknik Material

X

V

X

V

X

V

V

FTMD

Magister

Teknik Mesin

X

V

X

V

X

V

V

FTSL

Doktor

Teknik Lingkungan

V

V

V

V

V

V

V

FTSL

Doktor

Teknik Sipil

X

V

X

V

X

V

V

FTSL

Magister

Pengelolaan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi

V

V

V

V

V

V

V

FTSL

Magister

Pengelolaan Sumber Daya Air

V

V

V

V

V

V

V

FTSL

Magister

Sistem dan Teknik Jalan Raya

X

V

X

V

X

V

X

FTSL

Magister

Teknik Kelautan

V

V

V

V

V

V

V

FTSL

Magister

Teknik Lingkungan

V

V

V

V

V

V

V

FTSL

Magister

Teknik Sipil

X

V

X

V

X

V

V

FTTM

Doktor

Rekayasa Pertambangan

V

X

X

V

X

V

V

FTTM

Doktor

Teknik Geofisika

V

V

V

V

V

V

V

FTTM

Doktor

Teknik Perminyakan

V

V

X

V

X

V

X

FTTM

Magister

Rekayasa Pertambangan

V

X

X

V

X

V

V

FTTM

Magister

Teknik Geofisika

V

V

V

V

V

V

V

FTTM

Magister

Teknik Geotermal

X

V

X

V

X

V

X

FTTM

Magister

Teknik Metalurgi

V

V

V

X

X

X

V

FTTM

Magister

Teknik Perminyakan

V

V

X

V

X

V

X

SAPPK

Doktor

Arsitektur

V

V

V

V

V

V

X

SAPPK

Doktor

Perencanaan Wilayah dan Kota

V

V

V

V

V

V

X

SAPPK

Doktor

Transportasi

V

V

V

V

V

V

X

SAPPK

Magister

Arsitektur (Alur Desain)

V

V

V

X

X

X

X

SAPPK

Magister

Arsitektur (Alur Riset)

V

V

V

V

V

V

X

SAPPK

Magister

Arsitektur Lanskap

X

V

X

V

X

V

V

SAPPK

Magister

Perencanaan Kepariwisataan

X

V

X

V

X

V

X

SAPPK

Magister

Perencanaan Wilayah dan Kota

V

V

V

V

V

V

X

SAPPK

Magister

Rancang Kota

V

V

V

X

X

X

X

SAPPK

Magister

Studi Pembangunan

X

V

X

V

X

V

V

SAPPK

Magister

Transportasi

V

V

V

V

V

V

X

SBM

Doktor

Sains Manajemen

X

V

V

X

V

X

V

SBM

Magister

Administrasi Bisnis Kampus Bandung

V

V

V

V

V

V

V

SBM

Magister

Administrasi Bisnis Kampus Jakarta

V

V

V

V

V

V

V

SBM

Magister

Sains Manajemen

V

V

V

V

V

V

X

SF

Doktor

Farmasi

X

V

X

V

X

V

V

SF

Magister

Farmasi

X

V

X

V

X

V

V

SF

Magister

Farmasi Industri

X

V

X

V

X

V

X

SF

Magister

Keolahragaan

X

V

X

V

X

V

X

SITH

Doktor

Biologi

V

X

V

X

V

V

V

SITH

Magister

Biologi

V

X

V

X

V

V

V

SITH

Magister

Biomanajemen

V

X

V

X

V

V

V

SITH

Magister

Bioteknologi

V

X

V

X

X

V

V

SPS

Doktor

Sains dan Teknologi Nano

V

V

V

V

V

V

V

SPS

Magister

Teknologi Nano

V

V

V

V

V

V

V

STEI

Doktor

Teknik Elektro dan Informatika

X

V

X

V

X

V

V

STEI

Magister

Informatika

X

V

X

V

X

V

X

STEI

Magister

Teknik Elektro

X

V

X

V

X

V

V

Berikut adalah jadwal tes bagi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB, untuk masa pendaftaran semester ganjil (semester I) tahun 2021/2022.

Catatan:

Sehubungan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan calon mahasiswa program pascasarjana ITB mengalami kesulitan untuk memperoleh dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB, pada tahun 2021, kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tidak digunakan sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana ITB 2021, kecuali bagi peminat Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB. Ketentuan mengenai persyaratan kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB bagi calon mahasiswa program pascasarjana adalah sebagai berikut :

  • Calon mahasiswa yang mendaftar sebagai peserta seleksi program pascasarjana ITB 2021 tidak diharuskan untuk memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB, kecuali bagi calon mahasiswa yang memilih program studi di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB.
  • Calon mahasiswa yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang telah memenuhi ketentuan di atas tetap dapat mengunggah dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tersebut di laman Pendaftaran Program Pascasarjana ITB.
  • Calon mahasiswa yang belum memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tetap dapat mengikuti seleksi Program Pascasarjana ITB, kecuali bagi calon mahasiswa yang memilih program studi di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB.
  • Nilai TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB sesuai dengan ketentuan di atas akan menjadi salah satu persyaratan untuk dapat menyelesaikan/lulus dari Program Pascasarjana ITB. Tata cara pemenuhan persyaratan TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB akan disampaikan kemudian.
  • Bagi calon mahasiswa yang memilih program studi di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, akan diselenggarakan Ujian Seleksi oleh SBM ITB, sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru di SBM ITB. Ketentuan terkait TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB akan disampaikan SBM ITB secara langsung.

Pendaftaran Online (https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana)