Pendaftaran calon mahasiswa baru program Doktor ITB untuk periode perkuliahan Agustus 2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 2 Februari - 10 Juli 2021 dalam 6 Gelombang pelaksanaan.
Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana Gelombang 1 : tanggal 2 - 27 Februari 2021.
Calon mahasiswa program Doktor ITB merupakan lulusan program Magister (S2) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai.
Pelamar program Doktor ITB harus dapat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut :
Untuk melaksanakan pelamaran, calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :
Pendaftaran calon mahasiswa program Doktor ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.
Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online tidak akan diproses lebih lanjut di ITB.
Calon mahasiswa program Doktor ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di laman ini pada bagian Jadwal Tes Program Studi.
Sebelum melakukan pendaftaran online, Saudara harus membaca syarat-syarat pendaftaran Magister atau Doktor dan langkah-langkah pendaftaran online yang ada di bawah ini. Kemudian silakan melakukan proses pendaftaran di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana
Langkah-langkah pendaftaran online:
Calon mahasiswa dipersilakan melakukan registrasi di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana dengan menggunakan alamat e-mail yang valid. Sistem akan mengirimkan nomor seleksi dan password ke alamat e-mail tersebut yang akan digunakan untuk proses login selanjutnya. Calon mahasiswa yang telah memiliki nomor seleksi dan password dapat melakukan login di laman yang sama.
Setelah melakukan login, calon mahasiswa dipersilakan mengisi data-data sebagai berikut :
Calon mahasiswa dipersilakan mengisi biodata dengan data-data terbaru. Alamat calon mahasiswa dan instansi tempat kerja diisi dengan alamat dan instansi tempat kerja calon mahasiswa saat ini.
Calon mahasiswa mengisikan data pendidikan asalnya sesuai dengan data yang tercantum di Ijazah pendidikan sarjana dan magister (khusus bagi pelamar program doktor). Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Ijazah dan melamar dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL), kolom Bulan dan Tahun Keluar Ijazah diisi dengan tanggal perkiraan terbitnya Ijazah yang bersangkutan.
Data akreditasi perguruan tinggi asal dan data akreditasi program studi asal calon mahasiswa harus diisi. Calon mahasiswa dipersilakan menghubungi perguruan tinggi asalnya untuk memperoleh informasi tersebut.
Calon mahasiswa dipersilakan mengisi jenis program pendidikan dan pilihan program studinya di ITB. Bila diperlukan, calon mahasiswa dapat memilih konsentrasi yang diminatinya.
Calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri pada program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree, dapat memilih program yang diminatinya di bagian ini. Persyaratan umum bagi peminat program Kelas Internasional/Double Degree/Joint Degree tidak berbeda dengan persyaratan bagi peminat program reguler.
Pengisian nilai kemampuan bahasa Inggris harus disesuaikan dengan dokumen sertifikasi kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki calon mahasiswa. Bila calon mahasiswa belum memiliki nilai kemampuan bahasa Inggris dan/atau nilai TPA, kolom nilai dan tanggal tes dapat diisi angka “0”.
Calon mahasiswa mengisikan data rencana sumber dana pembiayaan pendidikannya. Bagi calon mahasiswa yang merupakan penerima beasiswa atau merupakan peserta program kerjasama, silakan isi dengan pilihan beasiswa, serta mencantumkan instansi sumber beasiswa/kerja samanya.
Bila calon mahasiswa belum memperoleh beasiswa atau pengajuan beasiswanya belum disetujui oleh instansi pemberi beasiswa, dipersilakan memilih pilihan “pribadi” sebagai sumber dana biaya pendidikannya.
Sesuai dengan persyaratan ITB, calon mahasiswa program pascasarjana ITB harus mendapatkan rekomendasi dari 2 orang (dosen/atasan) untuk melanjutkan pendidikan di program studi yang ditujunya. Rekomendasi ini ditujukan kepada ketua program studi yang bersangkutan, dan dapat diisikan secara online oleh pemberi rekomendasi. ITB menyarankan agar calon mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan calon pemberi rekomendasi sebelum melaksanakan pendaftaran program pascasarjana ITB. Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti program pascasarjana ITB.
Calon mahasiswa dipersilakan untuk mengisikan paling sedikit 2 alamat e-mail pemberi rekomendasi. Kolom alamat e-mail ketiga dapat diisi bila dirasakan perlu. Sistem akan mengirimkan tautan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi untuk dapat mengisi formulir rekomendasi bagi calon mahasiswa yang bersangkutan secara online. Rekomendasi tersebut akan disimpan di dalam sistem dan akan disampaikan ke program studi tujuan secara otomatis, setelah calon mahasiswa menyelesaikan pendaftarannya. ITB menyarankan agar calon mahasiswa kembali menghubungi pemberi rekomendasi segera setelah menyelesaikan pengisian pendaftaran online, terkait pemberian rekomendasi secara online tersebut.
Sesuai dengan ketentuan persyaratan pendaftaran program pascasarjana ITB, calon mahasiswa diharuskan mengunggah/upload dokumen-dokumen sebagai berikut :
Bagi pelamar program Doktor, bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
Transkrip akademik yang diunggah adalah transkrip terakhir, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir, dengan IP minimum 3,00.
Bagi pelamar program Magister, bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
Transkrip akademik yang diunggah adalah transkrip terakhir, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
Pas Foto yang diunggah harus menghadap ke depan, sesuai dengan ketentuan pas foto resmi yang berlaku di Indonesia. Latar belakang pas foto tidak ditentukan ITB.
ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki Asuransi Kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang masih aktif dan berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang). Bila calon mahasiswa belum memiliki bukti kepemilikan asuransi kesehatan, dokumen tersebut harus dilengkapi paling lambat pada bulan Agustus 2021, bila calon mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi. Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan. ITB menerima semua kelas BPJS.
Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau screenshot dari JKN Online
Bukti pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar Magister Administrasi Bisnis, Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening BNI yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Tata cara pembayaran dapat diperoleh di tautan ini.
Sehubungan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan calon mahasiswa program pascasarjana ITB mengalami kesulitan untuk memperoleh dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB, pada tahun 2021, kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tidak digunakan sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana ITB 2021. Ketentuan mengenai persyaratan kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB bagi calon mahasiswa program pascasarjana adalah sebagai berikut :
Format surat tersebut dapat diperoleh di sini. Format dokumen yang disediakan dapat di-edit sesuai keperluan.
Format surat tersebut dapat diperoleh di sini. Format dokumen yang disediakan dapat di-edit sesuai keperluan.
Format surat tersebut dapat diperoleh di sini. Format dokumen yang disediakan dapat di-edit sesuai keperluan.
Proposal Usulan Penelitian tersebut harus mencantumkan beberapa hal sebagai berikut :
Pendaftaran calon mahasiswa program Pascasarjana ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan. Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online tidak akan diproses lebih lanjut di ITB.
Setelah seluruh data dan dokumen pendaftaran berhasil diunggah, calon mahasiswa tidak perlu mengirimkan/menyerahkan dokumen pendaftaran secara fisik ke ITB. ITB tidak menerima dokumen fisik apa pun berkaitan dengan pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa pascasarjana ITB.
Calon mahasiswa program Pascasarjana ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di bagian Jadwal Tes Program Studi di laman ini. Kelulusan calon mahasiswa akan ditentukan oleh hasil seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh masing-masing Program Studi tujuan.
Jadwal Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB untuk semester I tahun 2021/2022 adalah sebagai berikut:
Kegiatan | Gel 1 | Gel 2 | Gel 3 | Gel 4 | Gel 5 | Gel 6 |
---|---|---|---|---|---|---|
Pendaftaran Peserta Online | 2 - 27 Februari 2021 | 8 - 27 Maret 2021 | 30 Maret - 24 April 2021 | 27 April - 22 Mei 2021 | 25 Mei - 19 Juni 2021 | 22 Juni - 10 Juli 2020 |
Seleksi di Program Studi | 1 - 10 Maret 2021 | 29 Maret - 9 April 2021 | 26 April - 3 Mei 2021 | 24 Mei - 4 Juni 2021 | 21 - 28 Juni 2021 | 12 - 19 Juli 2021 |
Pengumuman Hasil Seleksi | 19 Maret 2021 | 16 April 2021 | 11 Mei 2021 | 11 Juni 2021 | 5 Juli 2021 | 27 Juli 2021 |
Pendaftaran Online | 28 Juli - 7 Agustus 2021 | 28 Juli - 7 Agustus 2021 | 28 Juli - 7 Agustus 2021 | 28 Juli - 7 Agustus 2021 | 28 Juli - 7 Agustus 2021 | 28 Juli - 7 Agustus 2021 |
Hari Pertama Perkuliahan | Disampaikan Kemudian | Disampaikan Kemudian | Disampaikan Kemudian | Disampaikan Kemudian | Disampaikan Kemudian | Disampaikan Kemudian |
Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana
Biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Khusus bagi pelamar Magister Administrasi Bisnis, Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah), termasuk biaya pelaksanaan Tes Psikologi (Psikotes). Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening Bank BNI yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Tata cara pembayaran dapat diperoleh di tautan ini.
Pembayaran biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB dilaksanakan dengan menggunakan metode transfer ke virtual account Bank BNI, dapat dilaksanakan dari berbagai channel transaksi Bank BNI, maupun dari bank lain selain Bank BNI. Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.
Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Program Doktor ITB adalah sebagai berikut :
No | Fakultas / Sekolah | BPP Per Semester |
---|---|---|
1. | Program Doktor | Rp. 15.000.000,- |
2. | Khusus Program Doktor SBM - Kelas Reguler | Rp. 25.000.000,- |
3. | Khusus Program Doktor SBM - Kelas Non Reguler | Rp. 41.000.000,- |
Informasi tata cara pelunasan Biaya Pendidikan dapat akan disampaikan kemudian.
Mulai tahun 2020, ITB tidak memberlakukan kebijakan penundaan pelunasan UKT. Namun demikian, mahasiswa dapat mengajukan permohonan pembayaran UKT secara mencicil. Terdapat dua skema pembayaran biaya UKT secara cicilan sebagai berikut :
Sebelum saudara melakukan pendaftaran online, maka saudara harus membaca syarat-syarat pendaftaran Magister atau Doktor dan langkah-langkah pendaftaran online. Kemudian, silahkan melakukan proses pendaftaran di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana. Calon mahasiswa hanya dapat mendaftarkan diri pada gelombang dimana program studi tujuannya menerima calon mahasiswa.
Berikut adalah daftar program studi yang dibuka pada Penerimaan Mahasiswa Baru ITB Semester I dan Semester II tahun 2021/2022:
Fakultas/Sekolah | Strata | Program Studi | Semester I tahun 2021/2022 | Semester II tahun 2021/2022 | |||||
Gel 1 | Gel 2 | Gel 3 | Gel 4 | Gel 5 | Gel 6 | ||||
FITB | Doktor | Sains Kebumian | V | V | V | V | V | V | V |
FITB | Doktor | Teknik Geodesi dan Geomatika | V | V | V | V | V | V | V |
FITB | Doktor | Teknik Geologi | V | V | V | V | V | V | V |
FITB | Magister | Sains Kebumian | V | V | V | V | V | V | V |
FITB | Magister | Teknik Air Tanah | V | V | V | V | V | V | V |
FITB | Magister | Teknik Geodesi dan Geomatika | V | V | V | V | V | V | V |
FITB | Magister | Teknik Geologi | V | V | V | V | V | V | V |
FMIPA | Doktor | Astronomi | X | X | X | V | X | V | V |
FMIPA | Doktor | Fisika | X | V | X | V | X | V | V |
FMIPA | Doktor | Kimia | X | V | X | V | X | V | V |
FMIPA | Doktor | Matematika | V | X | V | X | X | V | V |
FMIPA | Doktor | Rekayasa Nuklir | X | V | X | V | X | V | V |
FMIPA | Magister | Aktuaria | V | X | V | X | X | V | X |
FMIPA | Magister | Astronomi | X | X | X | V | X | V | V |
FMIPA | Magister | Fisika | X | V | X | V | X | V | V |
FMIPA | Magister | Kimia | X | V | X | V | X | V | V |
FMIPA | Magister | Matematika | V | X | V | X | X | V | V |
FMIPA | Magister | Pengajaran Fisika | V | X | X | V | X | V | V |
FMIPA | Magister | Pengajaran Kimia | X | V | X | V | X | V | V |
FMIPA | Magister | Pengajaran Matematika | V | X | V | X | X | V | V |
FMIPA | Magister | Sains Komputasi | V | X | V | X | X | V | V |
FMIPA | Magister | Ilmu dan Rekayasa Nuklir | X | V | X | V | X | V | V |
FSRD | Doktor | Ilmu Seni Rupa dan Desain | X | X | V | V | X | V | X |
FSRD | Magister | Desain | X | X | V | V | X | V | X |
FSRD | Magister | Seni Rupa | X | X | V | V | X | V | X |
FTI | Doktor | Teknik Fisika | V | V | V | V | V | V | V |
FTI | Doktor | Teknik Kimia | X | V | X | V | X | V | X |
FTI | Doktor | Teknik Manajemen Industri | X | X | V | V | V | V | V |
FTI | Magister | Instrumentasi dan Kontrol | V | V | V | V | V | V | V |
FTI | Magister | Logistik | X | X | V | V | V | Khusus Fasttrack/Kerma | Khusus Fasttrack/Kerma |
FTI | Magister | Teknik Fisika | V | V | V | V | V | V | V |
FTI | Magister | Teknik Kimia | X | V | X | V | X | V | X |
FTI | Magister | Teknik Manajemen Industri | X | X | V | V | V | Khusus Fasttrack/Kerma | Khusus Fasttrack/Kerma |
FTMD | Doktor | Teknik Dirgantara | X | V | X | V | X | V | V |
FTMD | Doktor | Teknik Material | X | V | X | V | X | V | V |
FTMD | Doktor | Teknik Mesin | X | V | X | V | X | V | V |
FTMD | Magister | Teknik Dirgantara | X | V | X | V | X | V | V |
FTMD | Magister | Teknik Material | X | V | X | V | X | V | V |
FTMD | Magister | Teknik Mesin | X | V | X | V | X | V | V |
FTSL | Doktor | Teknik Lingkungan | V | V | V | V | V | V | V |
FTSL | Doktor | Teknik Sipil | X | V | X | V | X | V | V |
FTSL | Magister | Pengelolaan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi | V | V | V | V | V | V | V |
FTSL | Magister | Pengelolaan Sumber Daya Air | V | V | V | V | V | V | V |
FTSL | Magister | Sistem dan Teknik Jalan Raya | X | V | X | V | X | V | X |
FTSL | Magister | Teknik Kelautan | V | V | V | V | V | V | V |
FTSL | Magister | Teknik Lingkungan | V | V | V | V | V | V | V |
FTSL | Magister | Teknik Sipil | X | V | X | V | X | V | V |
FTTM | Doktor | Rekayasa Pertambangan | V | X | X | V | X | V | V |
FTTM | Doktor | Teknik Geofisika | V | V | V | V | V | V | V |
FTTM | Doktor | Teknik Perminyakan | V | V | X | V | X | V | X |
FTTM | Magister | Rekayasa Pertambangan | V | X | X | V | X | V | V |
FTTM | Magister | Teknik Geofisika | V | V | V | V | V | V | V |
FTTM | Magister | Teknik Geotermal | X | V | X | V | X | V | X |
FTTM | Magister | Teknik Metalurgi | V | V | V | X | X | X | V |
FTTM | Magister | Teknik Perminyakan | V | V | X | V | X | V | X |
SAPPK | Doktor | Arsitektur | V | V | V | V | V | V | X |
SAPPK | Doktor | Perencanaan Wilayah dan Kota | V | V | V | V | V | V | X |
SAPPK | Doktor | Transportasi | V | V | V | V | V | V | X |
SAPPK | Magister | Arsitektur (Alur Desain) | V | V | V | X | X | X | X |
SAPPK | Magister | Arsitektur (Alur Riset) | V | V | V | V | V | V | X |
SAPPK | Magister | Arsitektur Lanskap | X | V | X | V | X | V | V |
SAPPK | Magister | Perencanaan Kepariwisataan | X | V | X | V | X | V | X |
SAPPK | Magister | Perencanaan Wilayah dan Kota | V | V | V | V | V | V | X |
SAPPK | Magister | Rancang Kota | V | V | V | X | X | X | X |
SAPPK | Magister | Studi Pembangunan | X | V | X | V | X | V | V |
SAPPK | Magister | Transportasi | V | V | V | V | V | V | X |
SBM | Doktor | Sains Manajemen | X | V | V | X | V | X | V |
SBM | Magister | Administrasi Bisnis Kampus Bandung | V | V | V | V | V | V | V |
SBM | Magister | Administrasi Bisnis Kampus Jakarta | V | V | V | V | V | V | V |
SBM | Magister | Sains Manajemen | V | V | V | V | V | V | X |
SF | Doktor | Farmasi | X | V | X | V | X | V | V |
SF | Magister | Farmasi | X | V | X | V | X | V | V |
SF | Magister | Farmasi Industri | X | V | X | V | X | V | X |
SF | Magister | Keolahragaan | X | V | X | V | X | V | X |
SITH | Doktor | Biologi | V | X | V | X | V | V | V |
SITH | Magister | Biologi | V | X | V | X | V | V | V |
SITH | Magister | Biomanajemen | V | X | V | X | V | V | V |
SITH | Magister | Bioteknologi | V | X | V | X | X | V | V |
SPS | Doktor | Sains dan Teknologi Nano | V | V | V | V | V | V | V |
SPS | Magister | Teknologi Nano | V | V | V | V | V | V | V |
STEI | Doktor | Teknik Elektro dan Informatika | X | V | X | V | X | V | V |
STEI | Magister | Informatika | X | V | X | V | X | V | X |
STEI | Magister | Teknik Elektro | X | V | X | V | X | V | V |
Berikut adalah jadwal tes bagi calon mahasiswa program Pascasarjana ITB, untuk masa pendaftaran semester ganjil (semester I) tahun 2021/2022.
Catatan:
Sehubungan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan calon mahasiswa program pascasarjana ITB mengalami kesulitan untuk memperoleh dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB, pada tahun 2021, kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tidak digunakan sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana ITB 2021, kecuali bagi peminat Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB. Ketentuan mengenai persyaratan kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB bagi calon mahasiswa program pascasarjana adalah sebagai berikut :
Pendaftaran Online (https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana)
Pendaftaran Online https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana