INFO PENDAFTARAN

Calon mahasiswa program Pascasarjana tahun akademik 2020/2021 yang telah dinyatakan Diterima di Program Matrikulasi ITB, diharuskan untuk melakukan pendaftaran program Matrikulasi di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, mulai tanggal 30 November 2020 - 14 Januari 2021. Program Matrikulasi ITB akan diselenggarakan dalam skema kegiatan Credit Earning. Calon peserta Matrikulasi ITB yang dinyatakan dapat mengikuti program akan mengikuti perkuliahan di ITB pada semester 2, periode Januari s.d. Juli 2021. Pada akhir semester, ITB akan menerbitkan transkrip hasil perkuliahan bagi peserta yang bersangkutan. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus program Matrikulasi, dapat melanjutkan pendaftaran mahasiswa baru ke program Pascasarjana ITB.

Program Matrikulasi ITB hanya dapat diikuti oleh calon mahasiswa program Pascasarjana ITB yang telah menerima keputusan "Diterima di program Matrikulasi" pada hasil keputusan seleksi program Pascasarjana ITB. Program ini tidak dapat diikuti oleh umum.

Calon peserta program Matrikulasi ITB harus menghubungi program studi tujuannya terlebih dahulu untuk mengetahui mata kuliah yang akan diambil di program matrikulasi. Kemudian calon peserta harus melakukan pendaftaran program Matrikulasi di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, mulai tanggal 30 November 2020 - 14 Januari 2021. Program Matrikulasi ITB akan diselenggarakan selama 1 semester dalam skema kegiatan Credit Earning.

Calon peserta Matrikulasi ITB yang dinyatakan dapat mengikuti program akan mengikuti perkuliahan di ITB pada semester 2, periode Januari - Juli 2021. Pada akhir semester, ITB akan menerbitkan transkrip hasil perkuliahan bagi peserta yang bersangkutan. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus program Matrikulasi, dapat melanjutkan pendaftaran ke program Pascasarjana ITB.

Calon peserta yang dinyatakan dapat mengikuti program Matrikulasi akan dikenakan biaya pendidikan sebagai berikut :

  • Peserta Matrikulasi Program Magister : Rp. 1.250.000,- (satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) per SKS
  • Peserta Matrikulasi Program Doktor : Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) per SKS

Calon peserta yang berminat untuk mengikuti program Matrikulasi diharuskan untuk melunasi biaya pelaksanaan program Matrikulasi melalui mekanisme transfer ke nomor Virtual Account yang tedapat di laman pendaftaran masing-masing peserta. Nilai biaya pelaksanaan Matrikulasi yang harus dibayarkan peserta akan tergantung pada jumlah SKS yang harus diambil peserta program Matrikulasi. Tata cara pembayaran biaya pelaksanaan Matrikulasi dapat diperoleh di tautan ini. Calon peserta yang tidak melunasi biaya pelaksanaan program Matrikulasi di laman https://usm.itb.ac.id/oreg paling lambat tanggal 14 Januari 2021 tidak dapat mengikuti program Matrikulasi.

Pendaftaran Program Matrikulasi dilaksanakan di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, mulai tanggal 30 November 2020 - 14 Januari 2021