Sehubungan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan calon mahasiswa program pascasarjana ITB mengalami kesulitan untuk memperoleh dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB, pada tahun 2020, kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tidak digunakan sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana ITB 2020, kecuali bagi peminat Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB. Ketentuan mengenai persyaratan kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB bagi calon mahasiswa program pascasarjana adalah sebagai berikut :

  • Calon mahasiswa yang mendaftar sebagai peserta seleksi program pascasarjana ITB 2020 tidak diharuskan untuk memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB, kecuali bagi calon mahasiswa yang memilih program studi di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB.
  • Calon mahasiswa yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang telah memenuhi ketentuan di atas tetap dapat mengunggah dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tersebut di laman Pendaftaran Program Pascasarjana ITB.
  • Calon mahasiswa yang belum memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tetap dapat mengikuti seleksi Program Pascasarjana ITB, kecuali bagi calon mahasiswa yang memilih program studi di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB.
  • Nilai TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB sesuai dengan ketentuan di atas akan menjadi salah satu persyaratan untuk dapat menyelesaikan/lulus dari Program Pascasarjana ITB. Tata cara pemenuhan persyaratan TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB akan disampaikan kemudian.
  • Bagi calon mahasiswa yang memilih program studi di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, akan diselenggarakan ujian pengganti TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB oleh SBM ITB, sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru di SBM ITB.