Calon mahasiswa ITB lulusan SNMPTN yang telah menyelesaikan pendaftaran mahasiswa baru secara daring di laman https://akademik.itb.ac.id pada tanggal 21 April - 15 Mei 2020, diwajibkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2020.

 

A. JADWAL RANGKAIAN KEGIATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITB 2020

Rangkaian Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru bagi calon mahasiswa lulusan SNMPTN 2020 yang telah menyelesaikan pendaftaran mahasiswa baru secara daring akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Juni 2020. Seluruh calon mahasiswa ITB lulusan SNMPTN 2020 yang telah menyelesaikan pendaftaran mahasiswa baru secara daring DIWAJIBKAN mengikuti kegiatan tersebut.

No.

Kegiatan

Waktu

Keterangan

1

Pelunasan UKT bagi calon mahasiswa yang tidak mengajukan Beasiswa UKT

18 Juni - 10 Agustus 2020

Tata cara pelunasan UKT melalui metode virtual account dapat diperoleh di tautan ini

2

Pengumuman dan Pelunasan UKT bagi calon mahasiswa yang mengajukan Beasiswa UKT

akan disampaikan kemudian

di laman https://akademik.itb.ac.id

3

Pengajuan Permohonan Pelunasan UKT dengan mekanisme cicilan

akan disampaikan kemudian

di laman https://akademik.itb.ac.id

4

Pelengkapan Dokumen Surat Keterangan Bebas Buta Wana dan Surat Keterangan Lulus (SKL)

1 - 10 Agustus 2020

di laman https://akademik.itb.ac.id

5

Verifikasi Dokumen Surat Keterangan Bebas Buta Warna

1 - 10 Agustus 2020

informasi lengkap akan disampaikan kemudian

6

Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru ITB

akan disampaikan kemudian

dilaksanakan secara daring

7

Kegiatan Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru ITB

akan disampaikan kemudian

informasi lengkap akan disampaikan kemudian

8

Awal Perkuliahan semester I tahun 2020/2021

akan disampaikan kemudian

informasi lengkap akan disampaikan kemudian

9

Pelengkapan Dokumen PMB periode 1 (Rapor Asli, Bukti Asuransi Kesehatan, Kartu Keluarga)

1 - 30 September 2020

di laman https://akademik.itb.ac.id

10

Pelengkapan Dokumen PMB periode 2 (Ijazah, Akta Kelahiran)

paling lambat 20 Desember 2020

di laman https://akademik.itb.ac.id

catatan: Jadwal kegiatan di atas bersifat dinamis, dapat berubah tergantung kondisi keamanan terkait pandemi Covid-19 di Indonesia.

 

B. TATA CARA PELUNASAN BIAYA PENDIDIKAN (UKT)

Calon mahasiswa yang telah menyelesaikan pendaftaran mahasiswa baru secara daring diwajibkan untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan (UKT), paling lambat tanggal 10 Agustus 2020. Tata cara pembayaran UKT melalui metode virtual account dapat diperoleh di tautan ini.

  1. Bagi calon mahasiswa yang tidak mengajukan permohonan Beasiswa UKT, pembayaran biaya pendidikan dapat dilaksanakan mulai tanggal 18 Juni s.d. 10 Agustus 2020. Biaya pendidikan yang harus dilunasi adalah sebagai berikut :
    1. UKT bagi mahasiswa di Fakultas/Sekolah selain SBM : 12.500.000,- (dua belas juta lima ratus ribu rupiah) per semester
    2. UKT bagi mahasiswa di Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) : 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) per semester
    3. Bila calon mahasiswa mengalami kesulitan melakukan pembayaran dengan metode virtual account, silakan sampaikan permasalahan yang terjadi melalui e-mail ke alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau ke alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  2. Bagi calon mahasiswa yang mengajukan permohonan Beasiswa UKT, pembayaran biaya pendidikan dilaksanakan setelah calon mahasiswa menerima keputusan tentang nilai UKT yang harus dibayarkan, di laman https://akademik.itb.ac.id.
    1. Pengumuman nilai UKT yang harus dibayarkan akan mulai dilaksanakan di laman https://akademik.itb.ac.id, dengan menggunakan login masing-masing calon mahasiswa.
    2. Pelunasan UKT dilaksanaan s.d. 10 Agustus 2020, sesuai dengan nilai UKT yang telah ditetapkan ITB, di laman https://akademik.itb.ac.id tersebut
  3. Calon mahasiswa yang akan melakukan pelunasan UKT dengan cara cicilan, sesuai dengan informasi yang tercantum di laman https://usm.itb.ac.id/itb_versi1/sarjana/snmptn#snmptn-biaya-pendidikan, dapat mengajukan permohonan ke Direktorat Pendidikan dengan tata cara berikut :
    1. Memilih dan menyetujui pelaksanaan pelunasan UKT dengan cara cicilan yang terdapat di laman https://akademik.itb.ac.id.
    2. Pelunasan cicilan pertama dilaksanakan paling lambat tanggal 10 Agustus 2020.
    3. Pelunasan cicilan berikutnya dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang tercantum di laman https://usm.itb.ac.id/itb_versi1/sarjana/snmptn#snmptn-biaya-pendidikan.
  4. Calon mahasiswa yang memilih UKT Penuh dengan Sumbangan Sukarela dapat menyampaikan partisipasi sukarelanya sesuai ketentuan di tautan ini. Sedangkan pelunasan UKT tetap dilaksanakan melalui metode virtual account sesuai dengan informasi di tautan ini.

 

C. PELENGKAPAN DOKUMEN PERSYARATAN MAHASISWA BARU

Calon mahasiswa yang belum menyerahkan dokumen persyaratan yang sesuai dengan ketentuan Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2020, masih diberi kesempatan untuk melengkapi kekurangan/ketidaklengkapan dokumen tersebut di laman https://akademik.itb.ac.id.

  1. Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata asli (mencantumkan foto calon mahasiswa yang terkena cap rumah sakit/klinik) bagi calon mahsiswa yang diterima di FMIPA (peminat program studi Kimia), SITH, SF, FITB (peminat program studi Teknik Geologi), FTTM, dan FTI (peminat program studi Teknik Kimia) harus diunggah ke laman https://akademik.itb.ac.id dan diserahkan ke Loket Direktorat Pendidikan ITB, Gd. CCAR ITB lt. 1, Jl. Tamansari no. 64 Bandung, mulai tanggal 1 s.d. 10 Agustus 2020.
  2. Surat Keterangan Lulus asli dari sekolah (mencantumkan foto calon mahasiswa yang terkena cap sekolah) harus dilengkapi di laman https://akademik.itb.ac.id, pada tanggal 1 s.d. 10 Agustus 2020.
  3. Rapor asli, semester 1 s.d. semester 5, harus diunggah ke laman https://akademik.itb.ac.id dan diserahkan ke Loket Direktorat Pendidikan ITB, Gd. CCAR ITB lt. 1, Jl. Tamansari no. 64 Bandung, mulai tanggal 1 s.d. 30 September 2020.
  4. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan dan Kartu Keluarga asli harus dilengkapi di laman https://akademik.itb.ac.id, pada tanggal 1 s.d. 30 September 2020. Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau screenshot dari JKN Online.
  5. Ijazah asli dan Akta Kelahiran asli, harus dilengkapi di laman https://akademik.itb.ac.id, paling lambat tanggal 20 Desember 2020.

 

D. SIDANG TERBUKA PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITB

Calon mahasiswa yang telah melaksanakan pembayaran UKT (sesuai butir B) dan telah melengkapi dokumen persyaratan penerimaan mahasiswa baru ITB (sesuai butir C) DIWAJIBKAN untuk mengikuti kegiatan Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru ITB serta kegiatan Pengenalan Kampus ITB yang akan diselenggarakan secara daring. Informasi lengkap mengenai kegiatan Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru ITB serta kegiatan Pengenalan Kampus ITB tersebut akan disampaikan kemudian melalui laman http://usm.itb.ac.id.

Calon mahasiswa yang telah melaksanakan pembayaran UKT dapat melakukan pencetakan Kartu Studi Mahasiswa (KSM) di laman https://akademik.itb.ac.id, mulai tanggal 19 Agustus 2020.

 

E. KONTAK INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi lengkap mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2020, dapat diperoleh di alamat :

Direktorat Pendidikan ITB

Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung

Tel./Fax.              : (022) 2530689 (Hari dan Jam kerja)

E-mail                    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website               : https://usm.itb.ac.id/

 

 

Bandung, 15 Juni 2020

Direktorat Pendidikan ITB