Penerimaan Mahasiswa Baru ITB

Pendaftaran Open House Pendidikan ITB 2018

Penerimaan mahasiswa baru ITB program Sarjana dan Pascasarjana dilaksanakan oleh Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB. Saat ini informasi mengenai penerimaan mahasiswa ITB untuk tahun akademik 2018/2019 telah diterbitkan. Silakan mengunjungi tautan berikut untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru ITB.

 

OPEN HOUSE PENDIDIKAN ITB 2018

ITB kembali menyelenggarakan kegiatan Open House Pendidikan ITB 2018 pada hari Sabtu dan Minggu, 15 dan 16 Desember 2018, bertempat di Aula Barat dan Aula Timur ITB, Jl. Ganesa no. 10 Bandung. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya

Open House ITB 2018 (Medsos)

Open House Pendidikan ITB akan menyajikan pameran dan presentasi program studi-program studi di masing-masing fakultas/sekolah di ITB, serta menampilkan pameran kegiatan kemahasiswaan ITB di sekitar area Aula Barat dan Aula Timur ITB. Kegiatan Open House Pendidikan ITB tersebut terbuka untuk umum, mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Masyarakat yang berminat untuk menghadiri Open House Pendidikan ITB dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online di alamat http://usm.itb.ac.id/ mulai hari Kamis, 18 Oktober 2018, tanpa dipungut biaya.

 

Jadwal presentasi fakultas/sekolah pada pelaksanaan  Open House Pendidikan ITB 2018 adalah sebagai berikut :

Sabtu, 15 Desember 2018

Jam

Aula Barat

Aula Timur

09.00 – 09.45 WIB Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
09.55 – 10.40 WIB Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)
10.50 – 11.35 WIB Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
11.35 – 13.20 WIB

Istirahat

13.20 – 14.05 WIB Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Fakultas Teknologi Industri (FTI)
14.15 – 15.00 WIB Sekolah Farmasi (SF) Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)
15.10 – 15.55 WIB Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

Minggu, 16 Desember 2018

Jam

Aula Barat

Aula Timur

08.30 – 09.15 WIB Fakultas Teknologi Industri (FTI) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
09.20 – 10.05 WIB Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
10.10 – 10.55 WIB Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) Sekolah Farmasi (SF)
11.00 – 11.45 WIB Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
11.45 – 12.30 WIB

Istirahat

12.30 – 13.15 WIB Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
13.20 – 14.05 WIB Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)

 

Video Profil ITB

 

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2018/2019

ITB melaksanakan kegiatan Pendaftaran Mahasiswa Baru bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus pada salah satu sistem seleksi mahasiswa baru ITB. Informasi mengenai jadwal dan persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2018 dapat diperoleh di tautan berikut :

 

Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana

ITB menggunakan SNMPTN dan SBMPTN untuk menerima mahasiswa baru program sarjana di semua Fakultas dan Sekolah di ITB. Selain dari pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN tersebut, ITB tidak menerima mahasiswa baru reguler program sarjana melalui jalur seleksi lain.

Saat ini informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ITB tahun 2018 telah diterbitkan di halaman resmi Panitia Pusat SNMPTN – SBMPTN 2018. Untuk memperoleh informasi mengenai penyelenggaraan SNMPTN, silahkan mengunjungi laman resmi SNMPTN 2018 (http://snmptn.ac.id). Sedangkan untuk memperoleh informasi mengenai penyelenggaraan SBMPTN, silakan mengunjungi laman resmi SBMPTN 2018 (http://sbmptn.ac.id).

International_class

 

Penerimaan Mahasiswa Program Profesi

ITB menawarkan Program Profesi yang dapat ditempuh oleh lulusan program sarjana, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saat ini terdapat dua program profesi yang ditawarkan ITB, yaitu :

Program Profesi Apoteker

Program Profesi Keinsinyuran

 

Penerimaan Mahasiswa Program Pascasarjana

Pendaftaran calon mahasiswa baru program Pascasarjana ITB untuk periode perkuliahan Agustus 2018 dilaksanakan mulai tanggal 4 Februari s.d. 24 Maret 2018 di tautan berikut, sesuai dengan persyaratan-persyaratan dan ketentuan di bawah ini.

 

Mahasiswa Pertukaran (Student Exchange)

ITB menawarkan program pertukaran mahasiswa (student exchange program) bagi para mahasiswa dari perguruan mitra ITB di luar negeri untuk melakukan studi di ITB sebagai mahasiswa pertukaran. Program ini ditawarkan baik bagi mahasiswa dari perguruan mitra ITB di luar negeri yang ingin mengambil kredit di ITB (Credit Earning Program) maupun bagi mahasiswa dari perguruan mitra ITB di luar negeri yang hanya ingin mengikuti proses pembelajaran di ITB tanpa melakukan pengambilan kredit.

Calon peserta program pertukaran yang telah mengkonfirmasi keberadaan kerja sama antara perguruan tinggi asalnya dengan ITB (dibuktikan dengan adanya MoU) dapat melakukan pelamaran secara online dengan melengkapi dokumen-dokumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Silakan mengunjungi tautan berikut untuk informasi selengkapnya mengenai pelamaran mahasiswa pertukaran (student exchange) ke ITB.

 

Credit Earning

Mulai tahun 2016, ITB menawarkan program Credit Earning, bagi calon peserta yang berminat untuk mengambil beberapa mata kuliah di ITB, tanpa harus diterima sebagai mahasiswa program reguler di ITB terlebih dahulu. Program Credit Earning ITB hanya dibuka bagi peminat yang akan mengambil beberapa mata kuliah di strata Magister dan Doktor. Calon peserta dapat melihat pilihan mata kuliah yang dapat diambilnya di tautan ini.

Informasi selengkapnya mengenai program Credit Earning ITB dapat diperoleh di tautan ini.

 

Tata Cara Pembayaran UKT 2018/2019

Berikut adalah tata cara pembayaran biaya pendidikan tahun ajaran 2018/2019 untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 Angkatan 2018/2019

No. Register yang digunakan adalah no. registrasi yang tercetak pada Lembar Kendali/Data Induk Mahasiswa.

Cara_Byr_2018