Persyaratan Calon Mahasiswa

Calon mahasiswa program studi Profesi Apoteker ITB adalah Sarjana Farmasi dari perguruan tinggi yang terakreditasi, dibuktikan dengan Ijazah asli. Calon yang bersangkutan dapat dinyatakan diterima di program studi Profesi Apoteker ITB bila lulus ujian seleksi yang akan diadakan oleh Sekolah Farmasi (SF) ITB.

Calon mahasiswa harus menyelesaikan pendaftaran pada gelombang yang bersangkutan. Bila calon mahasiswa tidak menyelesaikan pendaftaran gelombang 1 pada periode pendaftaran gelombang 1, maka akan dinyatakan tidak lulus seleksi dan harus mengulang pendaftaran dari awal pada gelombang berikutnya dengan menggunakan nomor seleksi yang baru.

Untuk melaksanakan pelamaran, calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman http://usm.itb.ac.id dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :

  • Calon mahasiswa merupakan Sarjana Farmasi yang lulus dari Program Studi Farmasi dengan akreditasi Lamptkes minimum C, pada saat calon mahasiswa yang bersangkutan lulus pendidikan Sarjana (Bukti Akreditasi harus dilampirkan)
  • Belum pernah atau maksimum pernah satu kali mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Profesi Apoteker ITB.
  • Ijazah Sarjana Farmasi asli.
  • Transkrip Nilai Sarjana Farmasi asli.
  • Pas Foto berwarna terbaru, dengan ukuran 4 x 6 cm.
  • Bukti Kepemilikan Asuransi (dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit).
  • Surat Keterangan Bebas Buta Warna asli dari Dokter Spesialis Mata. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter umum/non spesialis mata, tidak dapat dipergunakan.
  • Surat Pernyataan Mengikuti Program Profesi Apoteker ITB. Format surat tersebut dapat diperoleh di tautan ini.
  • Surat Pernyataan Keaslian Dokumen. Format surat tersebut dapat diperoleh di tautan ini.
  • Surat Pernyataan Kesanggupan Membiayai Pendidikan. Format surat tersebut dapat diperoleh di tautan ini.
  • Pelunasan biaya seleksi sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Pelunasan biaya seleksi dapat dilaksanakan melalui mekanisme transfer ke nomor rekening yang akan disampaikan di laman pendaftaran program profesi Apoteker masing-masing calon mahasiswa. Tata cara pembayaran dapat diperoleh di tautan ini.

Pendaftaran calon mahasiswa program studi Profesi Apoteker ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan. Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online secara lengkap, termasuk mengunggah seluruh dokumen yang disyaratkan ITB, tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian seleksi di program studi dan tidak akan diproses lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa program studi Profesi Apoteker ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh Sekolah Farmasi (SF) ITB. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di tautan ini.